PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MODUL DAN CERITA PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI

  • Abdul Muis Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pasacarjana IKIP PGRI Jember

Abstract

Metode Teaching and Learning (CTL) menggunakan modul dan cerita pendek terhadap prestasi belajar, kemampuan siswa dengan daya ingat tinggi dan rendah, motivasi berprestasi tinggi dan rendah serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar kognitif, kemampuan memori dan motivasi berprestasi, serta angket prestasi afektif siswa. Analisis data menggunakan non parametrik Kruskal Wallis.


Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan modul dan cerpen, 2) terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar kognitif siswa. siswa yang memiliki kemampuan memori tinggi dan rendah, 3) terdapat pengaruh prestasi kognitif siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah, 4) terdapat interaksi antara modul dan cerita pendek dengan kemampuan memori siswa. Hasil belajar kognitif, 5) terdapat interaksi antara modul dan cerita pendek dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 6) terdapat interaksi antara kemampuan memori dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif siswa, 7) terdapat interaksi antara modul dan cerita pendek. cerita, serta kemampuan memori motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar kognitif siswa

References

Amin Abdullah Muhammad. 2006. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arya Wardhana Wisnu. 2005. Melacak Teori Einstein Dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Press.

Brady, James E. 1999. Kimia Universita Asas dan Struktur. Jakarta: Binarupa Aksara.

Johnson, B. Elaine. 2011. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.

Danili, E. dan Reid , N. 2006. Cognitive factors that can potentially affect pupil’s test performance. Chemistry Education: Research an Practice, 7, 64-83.

Depdiknas. 2002. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Djamarah Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fessenden dan Fessenden. 1982. Kimia Organik Edisi Tiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hardiati. 2009. Penggunaan Media Animasi Komputer dan Modul LKS Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Awal Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

K. Oberauer, etc. all. 1999, Working memory capacity – facets of a cognitive ability construct. Lehrstuhi PsychologieII, University of Mannheim Schoolss, Ehrenhof Ost. 68131, Mannheim, German.

Nurgiyantoro Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurmalasari Dewi. 2009. Pembelajaran Kimia dengan Strategi Pembelajaran PQ4R dan Concept Mapping Ditinjau dari Kemampuan memori dan Kreativitas Siswa. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

Oberauer et al.2002. The multiple faces of working memory: Storage, Processing, Supervision, and Coordination. Intelligence. 31: pp. 167–193.

Rajendran et al. 2009. Working Memory in Children With Developmental Disorders. developmental disorders. Journal of Learning Disabilities. 42 (4). pp. 372-382.
Riyanto Yatim. 2010. Pradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar dalam Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujono Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sumardjo Jakob. 2007. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarna. 2010. Pembelajaran kimia dengan model STAD melalui teknik peta konsep dan teknik Puzzle ditinjau dari interaksi sosial dan kemampuan memori. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rasda Karya.

Wahyuningsih Retno. 2008. Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Modul dan Lembar Tugas Mahasiswa (LTM) Ditinjau dari Kemampuan Awal. Tesis Program Pascasarjana. UNS.

Uno, HB. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuswana, WS. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Winarti, TC. 2010. Pembelajaran Kimia menggunakan Pendekatan CTL dengan Eksperimen Laboratorium dan Eksperimen Virtual dengan Mempertimbangkan Sikap Ilmiah. Tesis Program Pascasarjana. UNS.
Published
2020-12-31
How to Cite
MUIS, Abdul. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MODUL DAN CERITA PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 245 - 257, dec. 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/825>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.825.
Section
Articles