ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN KAFE WAROENG KOPI KAYUMAS

  • Alex Siswo Dwi Raharjo Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sulistyaningsih Sulistyaningsih Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Puryantoro Puryantoro Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tanaman kopi merupakan tanaman perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sejalan dengan itu peminat dan tren minum kopi di Situbondo kian meningkat. Seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap minuman kopi membuat orang berlomba-lomba membuat tempat yang nyaman dalam menikmati kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Menganalisis karakteristik pelanggan Waroeng Kopi Kayumas. (2). Menganalisis tingkat kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Kayumas. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Customer Satisfaction Index  yang dilakukan kepada 30 responden. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata kosumen Waroeng Kopi Kayumas adalah mereka yang berusia 17-23 diamana usia ini masih tergolong usia sangat produktif. Hasil kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Kayumas yang diukur menggunakan Customer Satisfaction Index sebesar 77,6% diamana pelanggan merasa puas dengan tempat tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Ranitaswari, P. A., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Perfomance Analysis (Studi Kasus Di Geo Coffee). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 147-157.

Torey, J. R., & Lolowang, T. F. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Dan Pelayanan Di Rumah Kopi Billy Cabang Megamas Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 12(3A), 11-26.

Winarno, S., Mananeke, L., & Ogi, I. W. (2018). ANALISIS PELAYANAN KONSUMEN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI MAXX COFFEE CABANG HOTEL ARYADUTA MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Published
2021-06-28
How to Cite
RAHARJO, Alex Siswo Dwi; SULISTYANINGSIH, Sulistyaningsih; PURYANTORO, Puryantoro. ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN KAFE WAROENG KOPI KAYUMAS. AGRIBIOS, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 1-5, june 2021. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/943>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v19i1.943.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>