PEMBINAAN KELOMPOK USAHA RENGGINANG DI DESA GELUNG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Desa Gelung terletak ± 10 Km dari kota kabupaten dan termasuk salah satu desa yang cukup unik dengan beragam mata pencaharian sebagaimana dikemukakan diatas, perkembangan sektor industri cukup signifikan dan cenderung stabil , adapun yang dimaksud kegiatan home industri disini adalah pembuatan kerupuk ikan dan rengginang dimana musim-musim tertentu semisal lebaran permintaan akan kedua macam produk tersebut meningkat cukup tajam. Permasalahan Mitra; Kualitas Produk, Varian Produk, Pemasaran. Solusi yang titawarkan adalah melakukan pembinaan dan pendampingan secara langsung baik dalam hal proses produksi, varian produk, dan pemasaran pada kelompok usaha rengginang yang ada di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Pelaksanaan pengabdian kelompok usaha Rengginang dapat disimpulkan : Aspek Kualitas sudah muali mengikuti anjuran penggunaan MSG dengan batas aman; Aspek Varian, pengusaha rengginang antusias mencoba varian rasa udang, ikan , terasi dan varian cumi selain yang original rasa bawang putih; Aspek Pemasaran, produk rengginang sebagian mencoba dengan pemasaran online dan sebagian lagi masih belum karena keterbatasan biaya untuk membeli handphone padahal kalo ditinjau dari manfaatnya dapat membantu memperluas pemasaran rengginang
Downloads
References
Kotler, Philip; Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Peraturan BPOM RI N0. 23 Tahun 2013 tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Penguat Rasa.
Peraturan Menteri Kesehatan No.033 Tahun 2012. Tentang bahan pangan.
Sri Wahyuni,2017. Dampak Msg Bagi Kesehatan Anak. https://pasca.unej.ac.id/dampak-msg-bagi-kesehatan-anak/.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.