ANALISIS PEMASARAN IKAN KERING DI DESA JANGKAR KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO

  • Ahwal Laili Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sulistyaningsih Sulistyaningsih Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sasmita Sari Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasran ikan kering, salurann pemasaran dan margin pemasaran di desa jangkar kecamatan jangkar, untuk mengetahui model strategi pemasaran ikan kering di desa jangkar telah efektif dan efisien atau tidak, dan untuk mengetahui model strategi pemasaran yang efektif efisien atau tidak, serta mengetahui model strategi pemasaran yang efektif dan efisien di pusat bisnis ikan kering di desa jangkar, kecamatan jangkar, kabupaten situbondo.Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dalam dalam bentuk sampling jenuh. Nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel sampling yang tidak memberikan peluang yang sama untuk setiap elemen atau anggota populasi yang harus dipilih untuk melacak siapa yang menjalankan bisnis ikan kering di jangkar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pemasran ikan kering di desa jangkar adalah sistem pemasran distribusi melalui perantara. Disana terdapat 4 pola saluran pemasran ikan kering di desa jangkar, pola saluran 1 ( pabrikan – grosir) saluran pemasaran 2 (pabrikan – middleman- wholesaler)  pola saluran pemasran 3 ( pabrikan – mixer- pengecer) 4 (pabrikan- konsumen). Margin pemasaran pada bisnis ikan kering di desa Jangkar adalah Rp.5000, - (Saluran Pemasaran I), Rp.8.000, - dan Rp.7.000, - (Pola Saluran II), Rp.4000, - (Saluran Pemasaran III) dan 0 Rupiah (Saluran Pemasaran IV). Model strategi pemasaran yang sudah ada di desa Jangkar berada di wilayah putih, artinya dalam posisi yang kuat. Model Strategi Pemasaran yang efektif dan efisien dengan menggunakan kekuatan bisnis untuk mengambil keuntungan dari peluang jangka panjang oleh Menas dari strategi diversifikasi produk / pasar, dengan fokus pada meminimalkan masalah internal untuk menciptakan peluang pasar yang lebih baik dan meningkatkan serta mengevaluasi jalannya bisnis ikan kering.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afief, Ilyas. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Nila Balita (Studi Kasus : Afief Agrobiz, Margajaya, Kota Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Menejemen. IPB. Bogor.

Anonim (Sumber Data Sekunder). 2016. Buku Format Isian Data Profil Desa Jangkar Tahun 2016. Jangkar.

Anonim (Sumber Data Sekunder). 2017. Laporan Tahunan Data Kelautan dna Perikanan Kabupaten Situbondo Tahun 2016. Situbondo.

Bank Indonesia. 2012. Pola Pembiayaan UMKM Usaha Pengolahan Ikan Kering di Kota Bengkulu. Diakses tanggal 24 Mei 2017.

BPS Indonesia. 2016. Statistik Indonesia 2016. Diakses tanggal 24 Mei 2017.

BPS Jawa Timur. 2016. Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2016 Jawa Timut Province In Figures. Diakses tanggal 24 Mei 2017

BPS Kabupaten Situbondo. 2015. Kabupaten Situbondo Dalam Angka Situbondo Regency In Figures 2015. Diakses tanggal 24 Mei 2017.

BPS Kabupaten Situbondo. 2016. Kabupaten Situbondo Dalam Angka Situbondo Regency In Figures 2016. Diakses tanggal 24 Mei 2017.

Direktorat Jendral Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan. 2010. “Surat Keputusan No. Per.09/DJ-P2HP/2010”

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Menejemen Strategis. Penerbit : BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Guiltinan, Joseph and Gordon. 1994. Strategi dan Program Menejemen Pemasaran. Penerbit : Erlangga. Jakarta.

Junianingsih, Ika. 2013. Analisis Usaha Pengolahan Tradisional Ikan Kering Di Desa Jangkat Kabupaten Situbondo. Jurnal Samakia: Jurnal Ilmu Perikanan ,Volume 5 No.1 ISSN : 2086-3861 (Februari 2014). Akademi Perikanan Ibrahimy Sukerejo Situbondo.

Jumiati, Elly, dkk. Analisis Saluran Pemasaran dan Margin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurnal Agrifor : Jurnal, Volume XII No.1 ISSN : 1412-6885 (Maret 2013). Universitas 17 Agustus.

Khaswarina, Shorea, dkk. Analisis Saluran Pemasaran Produk Susu Bubuk Kedelai (studi kasus : Industri Sumber Gizi Nabati, Pekanbaru). Jurnal Pekbis: Jurnal, Volume 6 No.3 ISSN: 208-217 (November 2014). Universitas Riau.

KKP. 2015. Laporan Satu Tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diakses 8 Agustus 2017.

Kotler, Philip. 1997. Menejemen Pemasaran. Penerbit : Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Keller. 2007. Menejemen Pemasaran. Penerbit : PT. Macanan Jaya Cemerlang. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane. Menejemen Pemasaran. Penerbit : Erlanggga. Jakarta.

Permana, Aloysia. 2000. Analisis Pemasaran Ikan Pindang dan Ikan Asin Muncar (Studi Kasus : Pelabuhan Muncar, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur). Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Ramadani, Rizki, dkk. Analisis dan Penyusunan Strategi Pengembangan Nilai Tambah Produk Ikan Asin (studi kasus : Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Bedagai). Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Medan (2013)

Riduwan dan Sunarto, 2010. Pengantar Statistika. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Rosmawati, Henny. Analisis Surplus dan Distribusi Pemasaran Beras Produksi Petani Kecamatan Buay Madang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Agronobis: Jurnal, Volume 1 No.1 ISSN:1979-8245X (Maret 2009). Universitas Baturaja.

Septiara, Ira. Analisis Pemasaran Ikan Mas Koki (Carrasius auratus) di Kelompok Pembudidaya Ikan Kelapa Ciung Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Jurnal Perikanan dan Kelautan: Jurnal, Volume 3 No.3 ISSN : 2088-3137 (September 2012). Universitas Padjajaran.

Situbondokab.go.id. 2017. Diakses tanggal 31 Januari 2017. http://situbondokab.go.id/

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Administrasi. Penerbit : Alfabeta. Bane.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit : Alfabeta. Bandung.

Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis. Penerbit : Kata Pena. Surabaya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2003. Menejemen Pemasaran Modern. Penerbit : Liberty Yogyakarta. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Widiastuti, Nur dan Mohd. Harisudin. Saluran dan Marjin Pemasaran Jagung Di Kabupaten Grobogan. Jurnal SEPA : Jurnal, Volume 9 No.2 ISSN : 1829-9946 (Februari 2013). Universitas Sebelas Maret.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan
Aplikasinya. Ghalia.

Pranoto, Endro. 2008. Potensi Wilayah Komoditas Pertanian Dalam Mendukung.
Published
2018-06-22
How to Cite
LAILI, Ahwal; SULISTYANINGSIH, Sulistyaningsih; SARI, Sasmita. ANALISIS PEMASARAN IKAN KERING DI DESA JANGKAR KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO. AGRIBIOS, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 1-13, june 2018. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/372>. Date accessed: 26 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2