INOVASI PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN SEBAGAI MEDIA TANAM DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PRODUKSI KOMODITAS JAMUR

  • Soetriono Soetriono Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Djoko Soejono Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Dimas Bastara Zahrosa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Ariq Dewi Maharani Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Setiyono Setiyono Program Studi Ilmu Pertanian-Perkebunan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Sasmita Sari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dano Quinta Revana Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Jember

Abstract

Saat ini, permintaan pasar akan komoditas jamur kian meningkat. Peningkatan tersebut akan mendorong peningkatan dan inovasi dalam penggunaan media pertumbuhan komoditas jamur yang berasal dari limbah tanaman semusim maupun tahunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui teknik budidaya (media, bibit, pemeliharaan dan pasca panen) komoditas jamur dan teknologi inovasi pemanfaatan berbagai limbah tanaman sebagai media tanam. Metode analisis yang digunakan meliputi deskriptif, dan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Jenis jamur yang digunakan jamur tiram putih (Pleorotus Ostre atus). Media tanam jamur menggunakan serbuk gergaji, jerami, alang-alang, kulit kopi diaplikasikan dengan jenis pupuk cair yang terdiri dari kontrol, pupuk Excelent, pupuk Strong, dan pupuk Amino Age. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil pemanfaatan berbagai limbah tanaman dengan tingkat produktivitas dan produksi komoditas jamur terbaik adalah waktu panen dalam interaksi kopi + kulit aminoase selama 21 hari; jumlah buah dalam serbuk gergaji + pupuk kuat sebanyak 102.4; berat buah dengan media serbuk gergaji sebesar 1,019.4 gr; ukuran buah dalam penambahan perlakuan pupuk strong adalah 15.976 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, B. S., & Wijayaningrum, T. N. (2017). Rancangan Acak Lengkap dan Rancangan Acak Kelompok Pada Bibit Ikan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL.

David, F. R. (2012). Strategic Management: Konsep Manajemen Strategis. Ke-12. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Fauzi, M., Nisa, T. C. N. T. C., & Syukri, S. (2013). Pengaruh Tiga Media Tanam Serbuk Kayu Dan Pemberian Dan Pemberian Pupuk Pada Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus (Var.) Florida). Jurnal Agroekoteknologi, 1(2).

Fitri, Y., Fadjryani, F., & Rais, R. (2014). PERANCANGAN PERCOBAAN FAKTORIAL RAL UNTUK ANALISIS PENGARUH INTERAKSI UMUR BETON DAN PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN BETON. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 11(1).

Hariadi, N., Setyobudi, L., & Nihayati, E. (2013). Studi pertumbuhan dan hasil produksi jamur tiram putih (Pleorotus ostreatus) pada media tumbuh jerami padi dan serbuk gergaji. Jurnal Produksi Tanaman, 1(1).

Hidayat, F., Sugiarti, U., & Wicaksono, A. D. (2010). Pemanfaatan Limbah Media Jamur Tiram Putih (Pleurotus Florida) Sebagai Tambahan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.). AGRIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 4(2).

Islami, A. (2013). Pengaruh Komposisi Ampas Tebu dan Kayu Sengon sebagai Media Pertumbuhan terhadap Kandungan Nutrisi Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus). Skripsi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Mardisiwi, R. S., Kurniawati, A., Sulistyono, E., & Fardidah, D. N. (2018). Pertumbuhan dan Produksi Jintan Hitam pada Beberapa Komposisi Media Tanam dan Interval Penyiraman. Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 46(1), 89–94.

Retnaningsih, N., & Bambang, N. C. (2017). Strategi Pengembangan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) di Kelompok Tani Aneka Jamur Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 14(1), 61–68.

Susilo, H., Rikardo, R., & Suyamto, S. (2017). Pemanfaatan Limbah Serbuk Gergaji Sebagai Media Budidaya Jamur Tiram (Pleourotus Ostreatus L.). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 51–56.

Zubaidah, S. S., & Sartika, Y. (2013). Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Melalui Variasi Komposisi Media Tanam. Journal Agripeat, 14(2), 96.
Published
2022-11-03
How to Cite
SOETRIONO, Soetriono et al. INOVASI PEMANFAATAN LIMBAH TANAMAN SEBAGAI MEDIA TANAM DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PRODUKSI KOMODITAS JAMUR. AGRIBIOS, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 227-234, nov. 2022. ISSN 2723-7044. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/agribios/article/view/2363>. Date accessed: 12 june 2024. doi: https://doi.org/10.36841/agribios.v20i2.2363.
Section
Articles