PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model kooperatif learning tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian semu (quasi-experiment).Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji t.
Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung 9,319 lebih besar dari t-tabel 2,021, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh positif dari model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 2 Patokan, dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 63,33 dibandingkan dengan kelas kontrol 54,29.
References
Fatimah, A.E. (2020). Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Journal of Didactic Mathematics, 1 (1), 33-40.
Hadi, F. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Bima Journal of ElementaryEducation, 1(2), 59-65.
Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi Matematika: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J- RSME), 1(1), 17-26.
Mulyani, L., Nurjanah, N., & Setiawati, T. (2021). Analisis Kesesuaian Artikel yang Menggunakan Model Pembelajaran STAD Berdasarkan Teori pada Buku Cooperative Learning Karya Robert E. Slavin. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(3), 222–231.
Rofek, A., Mutmainnah, S. 2022. Model-Model Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256.
Siregar, T. J. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan sosial siswa SMP melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(1), 97-109.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran matematika realistik.