@article{prosiding, author = {Dina Nurfiyanti and Dodik Yulianto and Mory Febrianto}, title = { PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO}, journal = {PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS}, volume = {3}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model kooperatif learning tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian semu (quasi-experiment).Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas data, uji homogenitas dan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung 9,319 lebih besar dari t-tabel 2,021, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh positif dari model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 2 Patokan, dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 63,33 dibandingkan dengan kelas kontrol 54,29.}, pages = {519--524}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/5032} }