PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tipe STAD terhadap kemampuan siswa kelas V SDN 2 Patokan Kabupaten Situbondo dalam memecahkan masalah matematika.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berfokus pada angka angka (kuantitatif) dengan perbandingan antara dua kelompok (quasi-eksperimen). Setelah data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, analisis statistik dilakukan. Seluruh siswa kelas V di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, adalah subjek penelitian.
Hasil perhitungan uji - t nilai post kedua kelas, menunjukkan bahwa t hitung sebesar 9,319 dan t tabel sebesar 2,021, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.