PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO

  • Dina Riska Nurfiyanti Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Mory Victor Febrianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tipe STAD terhadap kemampuan siswa kelas V SDN 2 Patokan Kabupaten Situbondo dalam memecahkan masalah matematika.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berfokus pada angka angka (kuantitatif) dengan perbandingan antara dua kelompok (quasi-eksperimen). Setelah data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, analisis statistik dilakukan. Seluruh siswa kelas V di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, adalah subjek penelitian.


Hasil perhitungan uji - t nilai post kedua kelas, menunjukkan bahwa t hitung sebesar 9,319 dan t tabel sebesar 2,021, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V.

Published
2024-12-17
How to Cite
NURFIYANTI, Dina Riska; YULIANTO, Dodik Eko; FEBRIANTO, Mory Victor. PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 160-166, dec. 2024. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5666>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5666.