@article{pgsdunars, author = {Dina Nurfiyanti and Dodik Yulianto and Mory Febrianto}, title = { PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 PATOKAN, KABUPATEN SITUBONDO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {15}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model tipe STAD terhadap kemampuan siswa kelas V SDN 2 Patokan Kabupaten Situbondo dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berfokus pada angka angka (kuantitatif) dengan perbandingan antara dua kelompok (quasi-eksperimen). Setelah data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, analisis statistik dilakukan. Seluruh siswa kelas V di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, adalah subjek penelitian. Hasil perhitungan uji - t nilai post kedua kelas, menunjukkan bahwa t hitung sebesar 9,319 dan t tabel sebesar 2,021, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya di SDN 2 Patokan, Kabupaten Situbondo, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V.}, issn = {2656-4459}, pages = {160--166}, doi = {10.36841/pgsdunars.v15i2.5666}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5666} }