MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 3 KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar peserta didik Melalui model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas V SDN 3 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, tes pengetahuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I peserta didik yang tuntas sebanyak 9 orang (64%), pertemuan II peserta didik yang tuntas sebanyak 10 orang (71%), pertemuan I siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 11 orang (79%) sedangkan pada pelaksanaan pertemuan II siklus II peserta didik yang tuntas meningkat sebanyak 13 orang (93%) dengan KKM ≥ 75. Pada pelaksanaan tindakan terjadi peningkatan sebanyak 22%. Dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning hasil belajar pada peserta didik kelas V SDN 3 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
References
Abuddin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Firmansyah.2019. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Pendidik). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamalik, 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta PT. Bumi Aksara
Rusman.2018. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik). Jakarta: Rineka Cipta
Samiun.2019. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Soemantri.2019. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: PT. AR-Ruzz Media
Stepien. 2018. Penerapan Model Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman.Skripsi Online. Bandung: UNPAS. Diakses pada tanggal 20 September 2020
Sujana.2019. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen. Patris. UNG 2010
Winkel. 2019.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta