@article{pgsdunars, author = {Santi Umar}, title = { MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 3 KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar peserta didik Melalui model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas V SDN 3 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, tes pengetahuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I peserta didik yang tuntas sebanyak 9 orang (64%), pertemuan II peserta didik yang tuntas sebanyak 10 orang (71%), pertemuan I siklus II peserta didik yang tuntas sebanyak 11 orang (79%) sedangkan pada pelaksanaan pertemuan II siklus II peserta didik yang tuntas meningkat sebanyak 13 orang (93%) dengan KKM ≥ 75. Pada pelaksanaan tindakan terjadi peningkatan sebanyak 22%. Dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning hasil belajar pada peserta didik kelas V SDN 3 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.}, issn = {2656-4459}, pages = {330--340}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.4041}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4041} }