PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Statistik merupakan bagian dari matematika yang membahas rumus untuk mengumpulkan, menggambarkan atau menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data kuantitatif. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan pra-eksperimental design. Penelitian dengan pendekatan pra-eksperimental design yang dipilih adalah model one group pretset-postest design. Hal ini juga terbukti dengan diadakannya uji pengaruh menggunakan uji Wilxocon data berpasangan (pretest-posttest) yang memperoleh nilai sig < 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantukan teknologi informasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hipotesis Wilcoxon didapat Sig. 0,000 Karena Sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kegiatan penutup fase ke 1 aspek 1 mendapatkan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 82,1% dengan kategori baik, aspek 2 mendapatkan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 71,3% dengan kategori cukup baik, aspek 3 mendapatkan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 75% dengan kategori baik, aspek 4 mendapatkan persentase rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 80% dengan kategori baik.
References
Afirin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Afrizon, Renol. “Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran
IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction.” JurnalPenelitian Pembelajaran Fisika, 2012, 17.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
DEPDIKNAS, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Dwi, I M, H Arif, dan K Sentot, (2013) “Pengaruh Strategi Problem Based
Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan
32 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.12 NO.2 DESEMBER 2022
Pemecahan Masalah Fisika,” Sumber Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9
(2013) 8-17.
Effendi, Ramlan (2017) . “Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan
Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP.” JIP Mat 2, No. 1
Farisi, Ahmad, dan Abdul Hamid. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Suhu Dan Kalor,”
Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.3
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2007. Strategi Belajar Mengajar
Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: PT. Refika Aditama
Fisher, Alec. 2002. Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Harianto dan Warsono. 2012. Pembelajaran Aktif Teori Dan Asesmen.Bandung:
Remaja Rosda Karya.
Nafiah, Yunin Nurun, dan Wardan Suyanto. “Penerapan Model Problem-Based
Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil
Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4, no. 1
Purwanto, M Nglim.2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Riduwan dkk. 2013. Cara Mudah Belajar SPSS Versi 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung : Alfabeta
Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung: IKAPI, 2007.
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbantukan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Sani,
Ridwan Abdullah.2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Siregar, Syofian. 2014. Satistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara
Sudijono Anas, 2007 Pengantar Evaluasi Pendidikan dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara
33 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.12 NO.2 DESEMBER 2022
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Sukmadinata,
Nana Sudjana dan Syaodih, Erliany. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran
Kompetensi. Bandung : PT Refika Aditama Sukmadinata,
Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sumatri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Supriadi, Gito. 2011. Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang : Intimedia
Supriyadi, Gito. 2011. Pengantar dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia.
Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, Dan
Implementasi. Jakarta : Kencana Prenanda Media Group