PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN SISWA MADRASAH ALIYAH FATHUS SALAFI MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO

DIGITAL MARKETING TRAINING TO IMPROVE STUDENT ECONOMY OF MADRASAH ALIYAH FATHUS SALAFI MANGARAN, SITUBONDO DISTRICT

  • Ediyanto Ediyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Minullah Minullah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Madrasah Aliyah (MA) Fathus Salafi merupakan salah satu sekolah berbasis pondok pesantren yang berupaya meningkatkan jiwa wirausaha bagi siswanya. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya pameran produk kreatif dan memasarkan produk siswa di lingkungan masyarakat sekitar pesantren. Jangkauan pemasaran lokal dapat menghasilkan penjualan yang baik namun masih kurang maksimal oleh karena itu perlu dilakukan upaya dan strategi untuk meningkatkan penjulan produk siswa salah satunya melalui strategi pemasaran digital. Pelatihan digital marketing dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan siswa mengenai alternatif strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk kreatif yang dihasilkan. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan ceramah dan tanya jawab. Siswa diajarkan berbagai jenis pemasaran produk pada market place seperti; shopee, bukalapak, tokopedia, dan blibli. Dari pelaksanaan pelatihan diperoleh hasil pentingnya kemampuan siswa dalam memilih digital platform penjualan yang sesuai dengan jenis dan karakter produk yang dipasarkan sebagai upaya untuk meningkatkan kecakapan digital marketing dan membantu meningkatkan perekonomian siswa MA. Fathus Salafi Mangaran Kabupaten Situbondo.

Published
2023-08-17
How to Cite
EDIYANTO, Ediyanto; MINULLAH, Minullah. PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN SISWA MADRASAH ALIYAH FATHUS SALAFI MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 610-619, aug. 2023. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/3301>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v2i2.3301.
Section
Articles