PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA KAMPUNG BLEKOK DALAM MENENTUKAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Malsi Ratna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Siti Soeliha Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ediyanto Ediyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Wisata Desa Blekok merupakan wisata yang dikelola oleh Pemerintah Desa Klatakan dimana wisata tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan sehingga menjadi peluang besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan probability sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan juga signifikan terhadap kepuasan pengunjung, citra destinasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat berkunjung, kepuasan pengunjung berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat berkunjung. berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung, citra destinasi terhadap minat berkunjung melalui kepuasan pengunjung berpengaruh positif dan signifikan.

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chindyana, Rosa Meilinda. (2020). “Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang Daya Tarik Wisata Di Gunung Kidul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, dan Ratmono. (2013). Analisis Multivariat dan Ekonometrika. Teori Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan program IBM SPSS 25 edisi 9. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Harman, Malau. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Hartono. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isnaini, Putri Rizkiah. (2017). “Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang”. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Indeks.

Rangkuti. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sanusi. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Satriadi. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tangguh, Ghalih Galang. (2018). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride”. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andy.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publising.

Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Published
2022-11-25
How to Cite
DEWI, Malsi Ratna; SOELIHA, Siti; EDIYANTO, Ediyanto. PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA KAMPUNG BLEKOK DALAM MENENTUKAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 220-226, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2450>. Date accessed: 23 dec. 2024.