PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM E-COMMERCE PRODUK CHOCO NUTS DELIGHTS

  • Ediyanto Ediyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Rini Kartika Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

UMKM di Indonesia rata-rata memiliki akar permasalahan yang sama, yaitu terkait permodalan dan strategi pemasaran, produk-produk rumah tangga merupakan produk UMKM yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan, baik diversifikasinya maupun perluasan pasarnya, hanya saja perlu diberikan pemahaman literasi digital, dilatih dan didampingi agar mampu lebih kreatif dalam mengembangkan pemasaran sehingga dapat peningkatkan penjualan. Perkembangan era digital Adanya adaptasi dan inovatif menjadi kunci utama bagi UMKM untuk terus memberi peluang terhadap produk UMKM dalam memperluas pangsa pasar sehingga dapat mengembangkan usahanya. IRT Choco Nuts Delights bergerak dibidang produksi dan penjualan produk camilan yang terbuat dari coklat dan kacang tanah. Permasalahan mitra adalah rendahnya pemahaman terkait pemasaran digital sehingga belum optimal dalam memasarkan produk. Hal itu disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan mitra terkait strategi pemasaran melalui digital marketing. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang memadai terkait konsep dan pendampingan implementatif strategi pemasaran melalui digital marketing untuk meningkatkan omset penjualan. Metode pengabdian yang dilakukan menggunakan pelatihan dan pendampingan secara langsung kepada mitra. Capaian keberhasilan mitra setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa mitra IRT Choco Nuts Delights telah mampu memahami konsep digital marketing dan mengimplementasikan strategi digital marketing dengan baik melalui platform media sosial dan marketplace.

References

Bruhn, M., Schoenmueller, V. and Schäfer, D.B. 2012. “Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation?”, Management Research Review, Vol. 35 No. 9, pp. 770-790.
Delloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPPM) 1(1): 1 – 17
Susanti, S., Gunawan, W., & Sukaesih, S. 2019. Pengembangan Pemasaran Bordir dan Kelom Geulis Tasikmalaya Melalui Media Sosial. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 248–261.
Umar, A., Sugiharto, S., & Hartanto, H. 2020. Improving the Business Performance of SMEs through Digital Marketing Training. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(8), 279–293.
Wijaya, N. P. N. P., & Padmanegara, O. H. 2021. Digital Marketing education as a Strategy to Get New Opportunities: A Geographical Case Study on Indogarment MSMEs, Indonesia. Review of International Geographical Education, 11(1), 740–745.
Published
2024-07-24
How to Cite
EDIYANTO, Ediyanto; SARI, Rini Kartika. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI PLATFORM E-COMMERCE PRODUK CHOCO NUTS DELIGHTS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 253-259, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4802>. Date accessed: 26 nov. 2024.