PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO HASS MANGARAN SITUBONDO

  • Ari Haeruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ediyanto Ediyanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Triska Dewi Pramitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Triska Dewi Pramitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Pemasaran merupakan unsur penting dalam suatu perusahaan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk terhadap kepuasan konsumen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Konsumen yang pernah berkunjung ke The Hass Store. Metode pengambilan sampel secara acak (simple probability sampling) tampa memperhatikan stara dalam populasi dalam penelitian yang dilakukan ini. Dalam pengambilan saampel ini menggunakan tingkat presentasi 10%. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan model persamaan Structural-partial Least squere (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis berpengaruh langsung dengan menggunakan aplikasi SMART PLS 3.0, menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Lokasi berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Keragaman produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif namun tidak signifikan. Lokasi terhadap Loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan.

References

Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabet.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hermawan, A. 2012. Komonikasi Permasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016. Marketing Management. New Jersey: Pearson Pretice Hall

Kurniawan, 2017.Pengantar Manajermen, Edisi 1, Kencana-Jakarta.

Lupiyoadi, & Hamdani, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2020.Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaf dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2011. Pengakuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Ke empat. Jakarta:Penerbit PT Rineka Cipta

Tjiptono, 2015.Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2022-11-22
How to Cite
HAERUDDIN, Ari et al. PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO HASS MANGARAN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 125-133, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2433>. Date accessed: 23 dec. 2024.