UPAYA PENGUATAN USAHA MIE DAPUR UTI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PRODUKSI BAHAN BAKU SECARA MANDIRI MELALUI PEMBELIAN ALAT CETAK PENGGILINGAN BARU DI TEGAL REJO KELURAHAN JEMBER LOR PATRANG JEMBER

  • Riska Ayu Pramesthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Dwi Perwitasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Febri Ariyantiningsih

Abstract

Mie Dapur Uti merupakan salah satu UKMK yang bergerak dalam bidang kuliner berupa mie pangsit ayam dan produksi mie mentah. Mitra usaha sudah memiliki outlet sendiri dan menerima pesanan pelanggan secara langsung di outlet pemilik. Dilihat dari segi pemasaran, pemilik usaha masih menggunakan cara tradisional yaitu promosi antar teman, kerabat dan tetangga. Pandemi COVID-19 membuat usaha kuliner dan produksi mie mentah siap olah, mengalami dampak penurunan yang sangat besar. Kegiatan pengabdian ini, bertujuan membantu UKMK Mie Dapur Uti dalam melayani permintaan pelanggan lebih luas lagi. Metode pengabdian masyarakat dengan memberikan pembinaan pengembangan produk melalui pendampingan dan pelatihan teknologi untuk proses produksi, pelatihan pemasaran, pelatihan hukum bisnis, pelatihan manajemen keuangan, serta pelatihan manajamen sumber daya manusia. Diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat membantu pemilik usaha dalam menjangkau konsumen lebih meluas dengan skala besar, tepat dalam pemilihan bahan baku dengan kualitas bagus dan harga terjangkau sesuai pasar.

Published
2022-08-10
How to Cite
PRAMESTHI, Riska Ayu; PERWITASARI, Dwi; ARIYANTININGSIH, Febri. UPAYA PENGUATAN USAHA MIE DAPUR UTI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PRODUKSI BAHAN BAKU SECARA MANDIRI MELALUI PEMBELIAN ALAT CETAK PENGGILINGAN BARU DI TEGAL REJO KELURAHAN JEMBER LOR PATRANG JEMBER. MIMBAR INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 189-195, aug. 2022. ISSN 2809-4670. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/mimbarintegritas/article/view/2073>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v1i2.2073.
Section
Articles