PENGARUH PRODUK DAN LOKASI DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN ISTANA LELE BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO

  • Muhammad Rizqi Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Riska Ayu Pramesthi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Febri Ariyantiningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan lokasi dalam menentukan keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen di Rumah Makan Istana Lele Banyuputih Kabupaten Situbondo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir 10% sebanyak 98 orang. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM) Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase keputusan, lokasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen

References

Akbar, N.F. (2020). “Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Studi kasus pada Furniture di Rangga Jaya Mebel Jepara”. Diterbitkan. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Andika, F. (2020). “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Sambal Lalap Cabang Jambi Oleh Konsumen Muslim”. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Darmawan, D dan Ferrinadewi, (2014), Perilaku Konsumen : Analisis Model Keputusan, Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya.

David, F.R. (2013). Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat. Jakarta

Fahmi, S. (2019). “Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Soto Ayam Kampung Sido Marem Pak Ji, Desa Kalangbret Kabupaten Tulungagung)”. Diterbitkan. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Ferdinand, A. (2013). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, P and Keller, KL. (2013). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, P dan Armstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo

Levy, M and Weitz, B. (2018). Retailing Management. Internasional Edition. New York: McGraw-Hill.

Miari. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Alfamart Rawa Jaya Palembang”. Diterbitkan. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media

Tjiptono, F dan Chandra, G. (2017). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Published
2022-11-22
How to Cite
ARIFIN, Muhammad Rizqi; PRAMESTHI, Riska Ayu; ARIYANTININGSIH, Febri. PENGARUH PRODUK DAN LOKASI DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN ISTANA LELE BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 158-166, nov. 2022. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/2437>. Date accessed: 23 dec. 2024.