PENGARUH PRODUK DAN LOKASI DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN ISTANA LELE BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan lokasi dalam menentukan keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen di Rumah Makan Istana Lele Banyuputih Kabupaten Situbondo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang dapat ditolerir 10% sebanyak 98 orang. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM) Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase keputusan, lokasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen
References
Alma, B. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Andika, F. (2020). “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Sambal Lalap Cabang Jambi Oleh Konsumen Muslim”. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Darmawan, D dan Ferrinadewi, (2014), Perilaku Konsumen : Analisis Model Keputusan, Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya.
David, F.R. (2013). Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat. Jakarta
Fahmi, S. (2019). “Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Soto Ayam Kampung Sido Marem Pak Ji, Desa Kalangbret Kabupaten Tulungagung)”. Diterbitkan. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Ferdinand, A. (2013). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Unviersitas Diponegoro
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, P and Keller, KL. (2013). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, P dan Armstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo
Levy, M and Weitz, B. (2018). Retailing Management. Internasional Edition. New York: McGraw-Hill.
Miari. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Alfamart Rawa Jaya Palembang”. Diterbitkan. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media
Tjiptono, F dan Chandra, G. (2017). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.