IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN DAN PROSES BERDASARKAN GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK

  • Erlinda Zebua Universitas Islam Sumatera Utara
  • Tampilen Tampilen Universitas Islam Sumatera Utara
  • Suriana Suriana Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan  dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keaktifan siswa dalam belajar dengan implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah peserta didik 36 orang di kelas XII MIA 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah awal dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat empat tahap yaitu perencanaan, akting (pelaksanaan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik berdasarkan lima indikator: fokus, kerjasama, pengungkapan pendapat atau ide, pemecahan masalah, dan disiplin.  Pada siklus  keaktifan ini belum mencapai target ≥ 75%. Selain itu, hanya 50% siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu. Pada siklus II, keaktifan siswa meningkat lebih dari 75%: 85% siswa fokus, 78% siswa bekerja sama, 80% siswa berani mengungkapkan pendapat, 78% siswa berkontribusi dalam pemecahan masalah, 89% siswa disiplin. Studi dokumentasi menunjukkan bahwa 100% siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, membuktikan efektivitas pembelajaran diferensiasi konten dan proses dalam meningkatkan keaktifan siswa

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan  dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keaktifan siswa dalam belajar dengan implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Peneliti melakukan penelitian di SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah peserta didik 36 orang di kelas XII MIA 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah awal dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat empat tahap yaitu perencanaan, akting (pelaksanaan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat meningkatkan keaktifan peserta didik berdasarkan lima indikator: fokus, kerjasama, pengungkapan pendapat atau ide, pemecahan masalah, dan disiplin.  Pada siklus  keaktifan ini belum mencapai target ≥ 75%. Selain itu, hanya 50% siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu. Pada siklus II, keaktifan siswa meningkat lebih dari 75%: 85% siswa fokus, 78% siswa bekerja sama, 80% siswa berani mengungkapkan pendapat, 78% siswa berkontribusi dalam pemecahan masalah, 89% siswa disiplin. Studi dokumentasi menunjukkan bahwa 100% siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, membuktikan efektivitas pembelajaran diferensiasi konten dan proses dalam meningkatkan keaktifan siswa

Published
2024-08-26
How to Cite
ZEBUA, Erlinda; TAMPILEN, Tampilen; SURIANA, Suriana. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN DAN PROSES BERDASARKAN GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 418-424, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4401>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4401.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.