IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES MELALUI PEMETAAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN PESERTA DIDIK

  • Berliana Christine Lumban Raja Universitas Islam Sumatera Utara
  • Tampilen Tampilen Universitas Islam Sumatera Utara
  • Suriana Suriana Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa secara spesifik dan mempertimbangkan perbedaan karakteristik siswa, seperti gaya belajar, kemampuan, minat, dan motivasi. Penelitian ini mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi proses melalui pemetaan berdasarkan Tingkat kemampuan peserta didik.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan dengan Subjek penelitian kelas X-6 dengan jumlah sebanyak 36 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  hasil analisis siklus I tampak bahwa terdapat peningkatan pada siswa yang dapat menjawab 5 soal kritis dan siswa yang dapat menjawab 4 soal mudah. Lalu hasil siklus II menunjukkan bahwa peserta didik yang tergolong kelompok mahir menjadi 78% setara dengan 28 siswa, yang awalnya (pra-siklus) hanya 8% lalu di siklus 1 hanya 40%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran diferensiasi tampak efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa secara spesifik dan mempertimbangkan perbedaan karakteristik siswa, seperti gaya belajar, kemampuan, minat, dan motivasi. Penelitian ini mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi proses melalui pemetaan berdasarkan Tingkat kemampuan peserta didik.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan dengan Subjek penelitian kelas X-6 dengan jumlah sebanyak 36 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan  hasil analisis siklus I tampak bahwa terdapat peningkatan pada siswa yang dapat menjawab 5 soal kritis dan siswa yang dapat menjawab 4 soal mudah. Lalu hasil siklus II menunjukkan bahwa peserta didik yang tergolong kelompok mahir menjadi 78% setara dengan 28 siswa, yang awalnya (pra-siklus) hanya 8% lalu di siklus 1 hanya 40%. Maka dapat disimpulkan pembelajaran diferensiasi tampak efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa

Published
2024-06-09
How to Cite
RAJA, Berliana Christine Lumban; TAMPILEN, Tampilen; SURIANA, Suriana. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES MELALUI PEMETAAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN PESERTA DIDIK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 57-64, june 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4399>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4399.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.