ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT GLOBAL MITRA PRIMA MEDAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Wilson Linardy Program Studi Manajemen, STMB Multi Smart
  • Ferry Hidayat Program Studi Manajemen STMB Multismart

Abstract

Penelitian di lakukan di PT Global Mitra Prima Medan. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis pengaruh kualiitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Teknik pengumpulan data mengunakana kuesioner. Adapun jumlah populasi sebanyak 192 responden dan 130 responden untuk jumlah sampel dengan mengunakan samplin random sampling. Teknik analisa data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Hasil penelitian memperoleh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan siginfikasn terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan siginfikasn terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian di lakukan di PT Global Mitra Prima Medan. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis pengaruh kualiitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Teknik pengumpulan data mengunakana kuesioner. Adapun jumlah populasi sebanyak 192 responden dan 130 responden untuk jumlah sampel dengan mengunakan samplin random sampling. Teknik analisa data mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis. Hasil penelitian memperoleh kualitas pelayanan berpengaruh positif dan siginfikasn terhadap loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan siginfikasn terhadap loyalitas pelanggan.

References

Abdurrahman, Herdiana, Nana, Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung : Pustaka Setia, 2015

Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta, 2016.

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Rajawali Pers, 2018.

Hasan, Ali. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan, Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service), 2017.

Sangadji, Mamang, Etta, Sopiah, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian, Yogyakarta : Andi Offset, 2017.

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Yogyakarta : ANDI Offset, 2016.

Sunyoto, Teori, Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service, 2016.

Surjaweni, Wiratna, V, Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta : Pustaka Baru Press, 2017.

Yuniarti, Sri, Vinna, Perilaku Konsumen Teori dan Praktek, Bandung : Pustaka Setia, 2017.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Strategi Pemasaran, Yogyakarta : ANDI Offset, 2015.
Published
2022-04-11
How to Cite
LINARDY, Wilson; HIDAYAT, Ferry. ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT GLOBAL MITRA PRIMA MEDAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 30-37, apr. 2022. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1656>. Date accessed: 19 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i1.1656.
Section
Articles