PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPRATIF TIPE STAD (SETUDENTSTEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SD NEGERI CERMEE 1BONDOWOSO 2024-2025
Abstract
:Penelitian yang berjudul Pengaruh Pengaruh model pembelajaran Koopratif tipe stad (setudents Teams achievement divisions) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran ipas Kelas iii di sd negeri cermee 1 bondowoso Tahun 2024/2025 yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa ikelas III pada mata belajaran pelajaran ipas Kelas III di SD negeri cermee 1 bondowoso. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Koopratif tipe STAD (setudents Teams achievement divisions) terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran ipas Kelas III di SD Negeri Cermee 1 Bondowoso Tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas control dan kelas eksperimen.Berdasarkan uji validitas terhadap 25 butir kuesioner menggunakan korelasi pearson, diperoleh bahwa semua item menunjukkan nilai r-hitung lebih besar dari r tabel (0,4227)yang menunjukkan bahwa semua item dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai instrument penelitian. Selanjutnya peneliti menggunakan uji normalitas. Hasil uji normalitas Didapatkan nilaisignifikansi > 0,05 Maka hasil uji normalitas dapat disimpulkan bahwa data mengikuti distribusi normal. Kemudian, peneliti juga melaksanakan uji homogenitas, dan didapatkan nilai signifikansi 0,912 yang lebih besar dari 0,05, sehingga data tersebut dinyatakan homogen. Pada tahap selanjutnya, peneliti melakukan pengujian hipotesis dan menemukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000.< 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pemelajaran koopratif tipe STAD (setudents Teams achievement divisions), mata pelajaran IPS kelas III SDN Carmee1 tahun pelajaran 2024-2025.
References
Abrori, A. N., & Sumadi, C. D. ). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 296-315.
Abrori, Achmad Noval, and Conny Dian Sumadi. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1." Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan 1.4 (2023): 296-315.https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385
Amelia, E., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 542-548. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4341
Antika, D., Yusnaldi, E., Khairunnisa, K., Sakinah, N., Azhari, W., & Deliyanti, Y. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa terhadap Pembelajaran IPS. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1228-1233.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108-113.
Dhomiri, Ahmad, Junedi Junedi, dan Mukh Nursikin. "Dasar-dasar Konsep serta Fungsi dan Peranan Kurikulum dalam Dunia Pendidikan. " Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 3. 1 (2023): 118-128.
Fitri, F. A. , dan Zumrotun, E. (2024). Dampak Model Pembelajaran STAD yang Didukung oleh Media Papan Berpaku pada Topik Bangun Datar di Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 8(1), 91-98.https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6837
Iffah, F., Agustina, M., & Syachruroji, A. (2024). Analisis Motivasi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(3), 108-117.
Isnaini, Muhammad. "Hakekat Dan Sistem Nilai Dalam Konteks Pendidikan." (2021).
Magdalena, M. (2018). Kesenjangan pendekatan model pembelajaran conventional dengan model pembelajaran contextual terhadap hasil belajar pancasila di program studi teknika akademi maritim indonesia –medan. Warta Dharmawangsa, (58).https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389
Maskur, Maskur. "Pengaruh perubahan kurikulum pendidikan pada siswa sekolah dasar. " Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) 1. 3 (2023):190-203.https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Muna, Y. N., Rahmawati, I., & Saputra, H. J. (2024). Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (STAD) berbantu media kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas v di sd negeri batursari 5 mranggen. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(2), 296-303.https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17566
Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).
Rahayu, Restu, et al. "Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak." Jurnal basicedu 6.4 (2022): 6313-6319.
Rofek, Aenor, Sitti Nur Holiza, and Heldie Bramantha. "Analisis Implementasi Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sdn 1 Alasmalang." Cendekia Pendidikan 4.2 (2025): 151-158.
Salabi, Agus Salim. "Kinerja dalam pelaksanaan kurikulum di sekolah. " Education Achievement: Jurnal Ilmu dan Penelitian (2020).https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177
Siahaan, Fine Eirene, et al. "Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPA di Kelas Rendah." Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar 3.1 (2023): 13-19.
Simbolon, E., & Surya, E. (2023). Maskur, Maskur. "Pengaruh perubahan kurikulum pendidikan terhadap siswa sekolah dasar. " Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) 1. 3 (2023):
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. bandung:CV, Alfabetahttps://www.google.co.id/books/edition/Rangkuman_Pintar_Sains_SD_Kelas_1_2_3/2qaSuKNYo_AC?hl=id&gbpv=1&dq=macam%20macam%20energi%20di%20sekitar%20kita&pg=PA106&printsec=frontcover
Suratmin, S. (2020). Penerapan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris. Jurnal Dikdas Bantara, 3(1).
Suriat, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 22-31.https://doi.org/10.37150/perseda.v5i1.1571
Valiana, F., Dewojati, R. W. W., Aziza, R. N., & Pd, S. Penerapan STAD Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VI SD Muhammadiyah Banguntapan.
Wangge, Y. S., & Sariyyah, N. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1906-1913.
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kolaboratif jenis STAD (pembagian prestasi tim siswa) dalam pengajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Penerbitan Pendidikan Dasar,4(1), 1.







