PERSEPSI RISIKO FINANSIAL DAN E – SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS SHOPEE PAYLATER

  • Sibtia Nur Fauzia Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Mohamad Fazar Fadilah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Yeni Fitriani Somantri Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Fitur paylater membuat mahasiswa mendapatkan kesempatan menggunakan cicilan kredit, karena kemudahan dalam pengajuan dan penggunaanya yang dapat dilakukan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko finansial dan e – service quality terhadap keputusan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas Shopeepaylater. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independent persepsi risiko finansial dan e – service quality, sedangkan variabel dependen adalah keputusan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas Shopee paylater. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang secara sampling insidental. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regregi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko finansial dan e – service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas paylater dengan koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,620 yang menunjukkan bahwa 62% persepsi risiko finansial dan e – service quality berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas paylater sedangkan sisanya 38% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial dan simultan persepsi risiko finansial dan e – service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas paylater.

References

Aisah, Siti. "Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA)." (2022).
Alabror, D., M. Rifa'i, and W. Agustim. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Risiko, Penggunaan Shopeepay, Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater. Diss. Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 2022.
Imawati, Indah. 2013. “PENGARUH FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA PADA PROGRAM IPS SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013.” Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi 2: 53–57. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2684.
Prasetyani, Ikhtiyar, and Tri Harsini Wahyuningsih. "Pengaruh Sumber Informasi, Keamanan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee." Efektif Jurnal Ekonomi dan Bisnis 10.2 (2019): 91-104.
Rista, M. 2021. "Analisis Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Shopeepaylater Di Pulau Jawa Pada Masa Pandemi Covid-19", Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta.
Sari, R. 2021. "Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia". Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, Vol. 7 (1), No., hlm: 44-57.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Wahyuningtyas, Silfiyah Nur. "Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Layanan E-Commerce, dan Promosi Penjualan Online terhadap Perilaku Belanja Online." JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan 5.1 (2021): 47-60.
Widanengsih., E. 2020."The Effect of Easy Perception and Website Quality on Purchase Decisions in Marketplace Tokopedia ”. Journal of Reseacrh in Business, Economics, and Education, Vol. 2, No. 3, hlm 600-611
Willis, S. 2011. Rentang Umur Mahasiswa. Artikel : http://eprints.ums.ac.id/32266/4/BAB%20I.pdf (diakses pada 8 April 2023)
Yulianti, Y. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan Dengan Menggunakan Gap Anaysis Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY Nabila, K. N., & Listyorini, S. (2016). Dampak Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pengguna Situs Jual Beli Online Bukalapak pada Mahasiswa Fisip Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Published
2023-08-19
How to Cite
FAUZIA, Sibtia Nur; FADILAH, Mohamad Fazar; SOMANTRI, Yeni Fitriani. PERSEPSI RISIKO FINANSIAL DAN E – SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS SHOPEE PAYLATER. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 361-369, aug. 2023. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3361>. Date accessed: 03 jan. 2025.