PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SEKOLAH DASAR I BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

  • Tika Puspita Widya Rini FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Bnnjarmasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan produk berupa bahan ajar IPA SD I di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Lambung Mangkurat. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan Teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisa data yang digunakan model Miles and Huberman  yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian dari tim ahli uji validitas, dari uji ahli materi memperoleh 78,5% dengan kategori valid, uji ahli media memperoleh 80% dengan kategori sangat valid, dan uji ahli bahasa sebesar 75% dengan kategori valid. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata respon sebesar 87,89 % dengan kategori sangat baik, dan uji kelompok besar diperoleh rerata respon sebesar 88,56% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan, pada uji coba kecil rerata hasil belajar siswa sebesar  86,7%, dan pada uji coba kelompok besar memperoleh 90%. Hal ini menunjukkan bahwa modul IPA Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk dikembangkan dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. 

References

Andang, dkk. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Arafat, Maulana. 2018. Pengembangan Bahan ajar komik untuk meningkatkan minat baca ppkn siswa min ramba padang kabupaten tapanuli selatan. Jurnal Tarbiyah 2(25)152-173.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buyung. 2018. Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah belajar dan pembelajaran di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas batanghari jambi. Jurnal ilmiah Universitas batanghari jambi 3(18) 509-517.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Kemendiknas. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Dikdasmen.
Majid, Abdul. 2017. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya
Mayer, Richard. E & Alexander, Patricia. A. (2011). Handbook of Research on Learning and Instruction. Now York: Routledge.
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat : BahanAjar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.Sari, Arini Kumala dan Syafei, An Fauzia Rozani. 2013.Using Scratch to Create Multimedia-Based Material in Teaching English. Journal of English Language Teaching.Vol. 1. No.2.Hal: 39-42. UNP: Padang.
Putra, Nusa. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. 2012. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajaran (Teori & Aplikasi). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Tim Pustlitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas
Published
2020-06-30
How to Cite
RINI, Tika Puspita Widya. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SEKOLAH DASAR I BAGI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 209 - 219, june 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/599>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.599.
Section
Articles