PERAN PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI DALAM MEMBENTUK PERILAKU REMAJA DI ERA MODERNISASI

  • Agung Fauzi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten
  • Lemi Indriyani Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten
  • Windi . Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan pesantren salafi dalam membentuk perilaku remaja di era modernisasi. Pendidikan pesantren dalam perspektif masyarakat dianggap sebagai sarana untuk memudahkan orang tua mendidik anaknya, terutama mengenai pola perilaku yang baik menurut agama, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi multi situs. Data yang diambil melalui studi kepustakaan dan wawancara langsung kepada informan dari beberapa perspektif santri dalam melihat satu masalah yang sama.  Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data sehingga hasil penelitian yaitu: (1) Pendidikan pesantren salafi sebagai alat kontrol perilaku santri; (2) kultur pesantren salafi menciptakan kesadaran diri santri untuk tidak melanggar aturan; (3) Pergaulan bebas yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih pendidikan pesantren salafi. Namun tidak cukup sebatas peran-peran tersebut, perlu nya untuk mempertahankan ke eksistensian pendidikan pesantren salafi di era modernisasi ini.

References

Ali, Mohammad. dan Muhammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:Bumi Aksara
Dhofier. Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kiyai dan Visi Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES
Martono. Nanang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA
Ritzer. George. 2014. Teori Sosiologi dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Bantul: KREASI
WACANA
Tirtahardja. Umar. dan La Sulo. 2016. Pengantar Pendidikan. Pusat perbukuan DEPDIKNAS. RINEKA CIPTA
Rijal. Ahmad Syamsu. “Transformasi Corak Edukasi Dalam Sistem Pendidikan Pesantren dari Pola Tradisi Ke Pola Modern”. Jurnal pendidikan agama islam. Vol. 9 No. 2. 2011, diakses 25-02-2020. 05:06 WIB
Jauhari. M Ahsan. “Perilaku Sosial Santri Pondok Pesantren Al-Ishah bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri setelah Mengikuti Pengajian Al-Hikam”. Jurnal Spiritualitaa. Vol. 1 No. 1 Juni 2017. Diakses 29 februari 2020 . 19:21 WIB
Juanda. Sastra. dkk. Pendidikan Moral Melalui Tradisi Kesantrian Di Pondok Pesantren Salafiyah Ath-Fathaniyah Kota Serang. Jurnal Hermeneutika Vol. 5, No. 2, november 2019 diakses 29/20/20, 19:33 WIB
Published
2020-06-30
How to Cite
FAUZI, Agung; INDRIYANI, Lemi; ., Windi. PERAN PENDIDIKAN PESANTREN SALAFI DALAM MEMBENTUK PERILAKU REMAJA DI ERA MODERNISASI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 179 - 187, june 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/596>. Date accessed: 02 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.596.
Section
Articles