PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA PGSD ULM DALAM MENULIS DONGENG ANAK BERBASIS SOSIOKULTURAL MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural mahasiswa PGSD ULM melalui strategi menulis terbimbing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester 3 berjumlah kelas E. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural. Keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 23,4% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,5%.
References
Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Depok: Raja Grafindo Persada.
Fromkin, Victoria., Rodman, Robert., & Hyams., Nina. (2014). An Intriduction to Language. Tenth Edition. Boston: Wadsworth.
Ismawati, Esti & Umaya, Faraz. (2012). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak.
Mitchell, M. B. (2010). Learning about Ourselves through Fairy Tales: Their Psychological Value. Psychological Perspectives, 53(3), 264-279.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sabarun. (2008). Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf dengan strategi Menulis Terbimbing (STM) Bagi Mahasiswa Semester 4 Jurusan Teknik Elektro di Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Study Agama dan Masyarakat, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Volume 5 No.1.
Shah P. M. (2011). Self-Efficacy in the writing of malaysian ESL learners. world applied sciences jornal 15. Innovation and pedagogy for lifelong learning.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Penelitian kuatitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tomkins, G.E. & Kenneth H. (1995). Language Arts. Content and Teaching Strategies. New Jersey: Prentice Hall, Inc.