IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIMPOSIUM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA PADA MATERI FAKTOR BIOTIK DAN PRINSIP EKOLOGI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan untuk memperoleh informasi dan gambaran tentang aktifitas dan hasil belajar mahasiswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan praktek pembelajaran di kelas yakni dengan menerapkan Active Learning dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman belajar dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah Pendidikan Sains di STKIP PGRI Tulungagung. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran aktif dengan implementasi model pembelajaran simposium dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah pendidikan sains. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes tiap akhir siklus yang mengalami peningkatan. Pada siklus 1 tindakan, rata-rata nilai tes mahasiswa adalah 79.4 dan pada siklus 2 tindakan meningkat menjadi 81.5.
References
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gora, Winastwan & Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: IT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hollingsworth P., Lewis G. 2008. Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Indeks.
Nasriadi. 2018. “Penerapan Metode Diskusi Simposium dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X.B SMA Negeri 2 Baebunta Kab. Luwu Utara”. Journal Sociology of Education. Vol. VI. Issue 1. Januari-Juni 2018 E_ISSN: 2339-2401/P_ISSN: 2477-0221, diakses 30 April 2020
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
Rahayu, A.D.P. 2017. “Pengaruh Metode Simposium Yang Didukung Media Visual Fliptchart Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Tokohtokoh Pada Masa Hindu- Budha Kelas V Sdn Sembon I Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Skripsi tidak diterbitkan. Kediri: PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remadja.
Samadhi, T.M.A. Ari. 2008. Pembelajaran Aktif, Teaching Improvement Workshop, Engineering Education Development Project ADB Load No. 1432-INO
Sholeh, M.H. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.
Silberman, M.L. 2006. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madina.
Tafsir, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rosda Karya.
Widodo, A. 2008. Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru-guru SD melalui Lesson Study. (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/Jurnal_Ari1.pdf), diakses 3 Februari 2017.