PENERAPAN PENDIDIKAN REVOLUSI MENTAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
Abstract
Penerapan revolusi mental di lakukan oleh pemerintah dan masyarakat guna memperbaiki moral masyarakat indonesia fokus penerapan revolusi mental ini dalam ranah pendidikan. Tujuan dari studi ini adalah menganalisa implementasi penerapan pendidikan karakter dalam membentuk karakter siswa. Studi ini menggunakan metodologi meta-analisis yang melibatkan beberapa karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan penerapan pendidikan revolusi mental dalam membentuk karakter siswa, dengan menggunakan teori moralitas Durkheim. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan dari revolusi mental di lakukan dan seberapa besar pengaruh revolusi mental dalam membentuk karakter siswa.
References
Hidayat, Rakhmat. 2011. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta. Rajawali Pers.
Margustam, 2015. Jurnal pendidikan agama islam (paradigm revolusi mental dalam pembenatukan karakter bangsa berbasis seintegritas islam dan filsafat pendidikan. Vol. XII, No. 2, Desember 2015.
Martono, Nanang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial(Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, Dan Poskolonial) : Jakarta. Rajawali Pers
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi (Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern). Bantul. Kreasi Wacana
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan(Dengan Pendekatan Baru). Bandung. PT Rosdakarya.
Juanda, S,. Afrizal, S., & Hardiyanti. 2019. Jurnal Hermeneutika: Pendidikan Moral Melalui Tradisi Kesantrian di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Fathaniyah Kota Serang. Vol 5, No 2.