PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR DI SEKOLAH DASAR ZAHA (ZAINUL HASAN)
Abstract
Studi ini memaparkan tentang peningkatan kreatifitas anak usia dini melalui cerita bergambar di sekolah dasar Zainul Hasan genggong Probolinggo. Rumusan masalah yakni (1) bagaimana penerpaan cerita bergambar dalam meningkatkan kreatifitas anak di Sekolah Dasar Zainul Hasan Genggong Probolinggo, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreatifitas anak usia dini di sekolah dasar Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini untuk menambah wawaan bagi guru-guru anak usia dini menjaidi guru yang prosefisonal dan berkompeten dibidangnya dan meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang mana datana diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak di sekolah dasar Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Oleh karenanya, kepada guru untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media buku cerita bergambar yang menarik, menyenangkan dan bervariasi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT. Bumi Angkasa.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembnagan Anak (jilid 2 edisi ke enam). Jakarta: Penerbit Erlangga
Mansur. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Moleong, Lexy. 1991. Metodologi Penelitian Kualittaif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar. 2014. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mulyasa, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.
Musfiroh, Tadkirotun. 2005. Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini antara teori dan praktek. Jakarta: PT. Indeks
Suratno. 2005. Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rachmawati, yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kretaifitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana
Undang-undang RI. 2006. Sistem pendidikan nasional. Bandung: Citra Umbara.