PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X IPS SEMESTER GENAP DI MA FATHUS SALAFI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Irma Noervadila STKIP PGRI SITUBONDO
  • Misriyati . STKIP PGRI SITUBONDO

Abstract

Dalam pembelajaran setiap pembelajar memiliki gaya belajar yang beranekaragam sesuai dengan apa yang menjadi tujuan belajar mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X IPA semester genap di MA Fathus Salafi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode rancangan penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh Fhitung adalah 3,4661 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,0901 pada N = 100. Dan dari hasil perhitungan korelasi Rhitung lebih besar dari Rtabel (Rhitung > Rtabel) yaitu sebesar 0,2584 > 0.195 dapat disimpulkan bahwa terdapa pengaruh yang signifikan gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar siswa.

References

Abdurrahman, Maman, Muhidin, Sambas, A. dan Somatri, A. 2011. Dasar-Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azrai, E.P. dan Sulistianingrum, E.G. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar David Kolb Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan”, Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 10 No. 1. pp. 9-16.

Bire, A.L., Geradus, U. dan Bire, J. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Pascasarjana Universitas Nusa Cendana

Diaz, R. 2007. “Hubungan Antara Burnout dengan Motivasi Berprestasi Akademis pada Mahasiswa yang Bekerja”. SkrIPAi Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma Depok.

Fadhilah, R.N. 2016. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 1 Panji Tahun Pelajaran 2015/2016”. SkrIPAi Fakultas MIPA, IKIP PGRI Jember.

Firmansyah, B.H., Toenlioe, A.J.E. dan Ulfa, S. 2016. “Universal Design for Learning Sebagai Sarana untuk Memfasilitasi Perbedaan Gaya Belajar Peserta Didik dalam Belajar”, Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya. pp. 60.

Hadi, S. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E. dan Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Ilmiyah, S. dan Masriyah. 2013. “Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar”, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya. pp. 4.

Indarto, I. 2012. “Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Instalasi Listrik di Smk Negeri 2 Yogyakarta”. SkrIPAi Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Julianti, I.A.R. 2016. “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan”. SkrIPAi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Madio, S.S. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika”, STKIP Garut. pp. 2.

Mulyana, A. 2016. Gaya Belajar Siswa, Pengertian Tife dan Faktor yang Mempengaruhi. Tersedia pada http://ainamulyana.blogspot.com/2015/04/ gaya-belajar-siswa. Diakses pada 10 Maret 2018.

Musfiiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Nugrahadi, E.W. 2015. “Analisis Alur Pembentuk Karakter Jiwa Kewirausahaan, Kompetensi Kewirausahaan dan Kemampuan Analisis Kelayakan Bisnis Kewirausahaan”. pp. 8.

Papilaya, J.O. dan Huliselan, N. 2016. “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa”, Jurnal Psikologi Undip. Vol. 15 No. 1. pp. 56-63.

Purnamasari, Y. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya”, Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 1. pp. 2.

Putra, J.P. dan Buditjahjanto, I.G.P.A. 2016. “Hubungan Gaya Belajar Auditorial, Visual, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Siswa Kelas X Audio Video Di SMKN 3 Jombang”, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro . Vol. 5 No. 1. pp. 303-307.

Ramlah, Firmansyah, D. dan Zubair, H. 2014. “Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika”, Jurnal Ilmiah Solusi. Vol. 1 No. 3. pp. 68-75.
Riduwan dan Sunarto. 2010. Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. 2015. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 No. 1. pp. 1.

Surya, M. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Usniati, M. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah”. SkrIPAi Jurusan Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta.

Winarsunu, T. 2006. Statistik dam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Published
2020-06-29
How to Cite
NOERVADILA, Irma; ., Misriyati. PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X IPS SEMESTER GENAP DI MA FATHUS SALAFI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 48 - 56, june 2020. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/582>. Date accessed: 17 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582.
Section
Articles