PENGGUNAAN MEDIA STORY BOX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENYIMAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengathui secara langsung bagaimana penggunaan media story box kepada kemapuan menyimak anak pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka, yang di mana penulis mengumpulkan data melalui kegiatan membaca dari berbagai sumber seperti buku dan juga jurnal. Media pembelajaran adalah alat bantu guru untuk menunjang proses pembelajaran, agar proses pembelajaran tidak cenderung membosankan. Media story box ini suatu media yang berbentuk semacam televisi yang terbuat dari harplex atau kertas karton untuk membantu proses pembelajaran peserta didik. Media story box ini efektif untuk pembelajaran menyimak, karena menyimak adalah hal yang cukup membosankan bagi peserta didik, maka media ini sangat cocok karna media story box ini berbentuk seperti televisi yang terbuat dari harplex atau kertas karton dalam membantu keberhasilan proses pemebelajaran. Maka dari itu guru perlu merancang media pembelajaran untuk pembelajaran menyimak. Peran guru dalam suatu proses pembelajaran sangat penting dalam tercapainya sebuah tujuan pembelajaran.
References
Asna, M. M. (2020). Penggunaan Media Story Book untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Kasembon Bulu lawang Kabupaten Malang. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 211–218. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.384
Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Nirmala, D., Wibowo, D., & Akbar, K. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 09 Tanjung Lay. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1002
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Wardhana, R. M. M. P. S., & Mutmainah, S. (2019). Story Box Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04(20), 22–30. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/14109
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yellisni, I., & Kalsum, U. (2023). ( Jurnal Inspirasi Kesehatan ) ( Jurnal Inspirasi Kesehatan ). JIKA Jurnal Inspirasi Kesehatan, 1(1), 80–94.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.