STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu model pembelajaran yang menghubungkan permasalahan didunia nyata dengan materi pembelajaran didalam kelas. Model pembelajaran kontekstual ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses belajarnya dan dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna serta sesuai dengan kehidupan nyata. Artikel ini dibuat bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik disekolah. Adapun metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif dimana penulis memanfaatkan data kualitatif yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik peserta didik sangat dinilai penting sebab pemilihan model yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui model pembelajaran kontekstual, pengalaman belajar tidak hanya terjadi ketika siswa berada di dalam kelas, namun yang jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana cara menghadirkan pengalaman belajar tersebut ke luar kelas, seperti pada saat peserta didik menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, peserta didik menjadi lebih aktif karena dia belajar, dia mengalami, dan pada akhirnya dia akan menerapkan ilmunya dalam kehidupan
References
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. La. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221.
https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1, pp. 1–197).
Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. In Tsaqofah (Vol. 2, Issue 1, pp. 31–40).
https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.254
Lumbanbatu, I. L., Yun, F., Ginting, A., & Gaol, R. L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 067093 Medan Helvetia Tahun Pembelajaran 2023 / 2024. Hal, 7(2), 122–132.
Masyida. (2018). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Elektrolit Dan Non …. Repository.Ar-Raniry.Ac.Id, 2(1), 411–420.
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5162/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5162/1/Masyida.pdf
Nawas, A. (2018). Contextual Teaching and Learning (Ctl) Approach Through React Strategies on Improving the Students’ Critical Thinking in Writing. International Journal of Management and Applied Science, ISSN: 2394-7926, 4(7), 5.
https://digital.library.adelaide.edu.au/dspace/handle/2440/124867
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
SRIYANTI, S. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Smp Negeri Bakalang Kabupaten Alor. In World Development (Vol. 1, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Surya, H. (2013). Cara Belajar Orang Genius. In PT. Elex Media Komputindo. Gramedia.
Susanti, E., Sutisnawati, A., Nurasiah, I., & Kritis, B. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas Tinggi. Jurnal Kependidikan Utile, V(2), 123–133.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.