@article{pgsdunars, author = {Nur Aini Aprilia and Moh. Masrur and Zainal Abdi and Mas'odi Mas'odi}, title = { STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {15}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Model pembelajaran kontekstual merupakan salah satu model pembelajaran yang menghubungkan permasalahan didunia nyata dengan materi pembelajaran didalam kelas. Model pembelajaran kontekstual ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses belajarnya dan dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna serta sesuai dengan kehidupan nyata. Artikel ini dibuat bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik disekolah. Adapun metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif dimana penulis memanfaatkan data kualitatif yang kemudian dijabarkan secara deskriptif. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik peserta didik sangat dinilai penting sebab pemilihan model yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui model pembelajaran kontekstual, pengalaman belajar tidak hanya terjadi ketika siswa berada di dalam kelas, namun yang jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana cara menghadirkan pengalaman belajar tersebut ke luar kelas, seperti pada saat peserta didik menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, peserta didik menjadi lebih aktif karena dia belajar, dia mengalami, dan pada akhirnya dia akan menerapkan ilmunya dalam kehidupan}, issn = {2656-4459}, pages = {196--203}, doi = {10.36841/pgsdunars.v15i2.5702}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/5702} }