PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) dan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar siswa. Metodologi penelitian dalam judul ini menggunakan rancangan penelitian yang digunakan adalah “PretestPostest Nonequivalent Control Group Design. Dalam desain ini, baik kelompok eksperimental maupun kelompok kontrol dibandingkan, kendati kelompok tersebut dipilih dan ditempatkan tanpa melalui random. Dua kelompok yang ada diberi pretest, kemudian diberikan perlakuan, dan terakhir diberikan postest. Keterampilan metakognisi siswa dalam penelitian ini yaitu keterampilan siswa dalam memaparkan atau menjelaskan penguasaan konsep materi Sistem persamaan linear dua variable (SPLDV), secara runtut dan sistematis. Keterampilan penguasaan konsep inilah yang dimaksud keterampilan metakognisi. Dalam penelitian ini keterampilan metakognisi dibandingkan antara kelas yg satu diberi perlakuan dengan metode PBL dengan kelas dengan metode konvensional. Selain itu, perbandingan nilai pretest dan postes pada masing-masing kelas PBL maupun kelas konvensional.
References
Amir, Taufiq M.2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta : kencana predana media group
Anderson, L.R., & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. New York: Addision Wesley Longman, Inc.
Arends, R.I. 2007. Learning to Teach ( Seventh Edition). New York: McGraw Hill Co.Inc.
Corebima, A.D. 2008. Rubrik Keterampilan Metakognisi yang Terintegrasi dengan Tes Essay, Rubrik MAD, Malang.
Corebima, A.D. 2009. Jadikan Peserta Didik Pebelajar Mandiri. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM, Makassar, 19 Desember.
Danial, M. 2010. Pengaruh Strategi PBL terhadap metakognisi dan Respon Mahasiswa. Jurusan Kimia FMIPA UNM.
De Grave, W.S., Boshuizen, H.P.A, & Schmidt, H.G. 1996. Problem Based- Learning: Cognitive and metacognitive processes during problem analysis. Journal Instructional Science. Springer Netherlands, (Online), Volume 24 Number 5 September 1996:321-341.
(http://www.springerlink.com/content/n5 3038j64l575155/, diakses 21 Pebruari 2010).
Downing, K., Kwong,T. , Chan, S.W., Lam, T.F., & Downing, W.K. 2009. Problem-Based Learning and the Development of Metacognition. Journal Higher Education. Volume 57, (Online), Number 5/May, 2009:609-621.
(http://www.springerlink.com/content /k8n881w884258jvp/, diakses 21 Pebruari 2010).
Flavell, J.H. 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A new area of psychological inquiry. American Psychologist, 34:906-911.
Ibrahim, 2017.“Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make- A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”.Jurnal Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Volume 03 No. 2 Juni 2017.
Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Kontruktivistik.Jakarta : Penerbit Prestasi Pustaka.
Indrawan.R. dan Yaniawati.P.2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan Campuran untuk Manjement,Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Refika ADITAMA.
Lastrijanah. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Tauhidi. Volume 4 No. 2 Oktober 2017.
Masturoh, I. and Khaerani. 2017. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri”. Jurnal Primary. Volume 09 No. 02 (Juli-Desember) 2017.
Mustadi dkk. 2017. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match Dan Scramble Pada Peserta Didik Kelas IV SD Inpres Tanah Kareng”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pembelajaran.Volume 5 No. 1 Juni 2017.
Nella, E. 2014.“ Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Educatio Vitae.Volume 01 No. 12014.
Nursuprianah, I. and Ani. 2010. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Keliling Dan Luas Lingkaran”. Jurnal Eduma. Volume 02 No. 1 Juni 2010.
Simanulang, J. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Materi Himpunan Konteks Laskas Pelangi Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas VII Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2 No. 2 Juli 2013.
Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.Bandung : Penerbit Alfabeta.
Susanto, A. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jakarta : Penerbit Kencana.
Suharmanto. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Hitung Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 2”. Jurnal Tekhnologi Pendidikan. Desember2016
Suwardi. 2014. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini”. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA. Volume 2 No.4 September 2014.