PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KESETIAAN NASABAH PADA BANK BPR SYARIAH CABANG ASEMBAGUS TAHUN 2023
Abstract
kualitas pelayanan sendiri memiliki arti memberi kesempurnaan dalam pelayanan yang dilakukan oleh penyedia layanan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta ketepatan untuk mengimbangi harapan pelanggan. Tujuan penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kesetiaan nasabah Pada Bank BPR Syariah Cabang Asembagus. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X (kualitas pelayanan) terhadap Y (kesetiaan nasabah). Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling, sampel yang di ambil hanya 100 orang dari nasabah Bank BPR Syariah Cabang Asembagus. Besarnya nilai R square adalah sebesar 0,436, hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap Kesetiaan Nasabah (Y) adalah sebesar 43,6% sementara sisanya 56,4% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Pengaruh Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kesetiaan Nasabah (Y) dengan maka diperoleh nilai signifikan kualitas pelayanan (X) = 0,000 dan kesetiaan nasabah = 0,000. Hasil ini memberikan kesimpulan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kesetiaan nasabah (Y) 0,369. Maka pengaruh total yang diberikan kualitas pelayanan (X) terhadap kesetiaan nasabah (Y) adalah pengaruh langsung ditambah dengan pengaruh tidak langsung, yaitu: 0,167 + 0,369 = 0,536. Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,167 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,369 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan nasabah (Y). Berdasarkan perhitungan uji analisis dapat diketahui bahwa nilai thitung 4,6625. Nilai α = 5% dari 98 responden dan diperoleh ttabel 1,66005 karena thitung 4,6625 > dari ttabel 1,66005 maka kesetiaan nasabah dapat memediasi hubungan
References
Aprilita, G. (2012). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Kualitas Layanan PegawaiTerhadap Kepuasan Nasabah BNI Kantor kas UPI.
Janita, I., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 15, Issue 1).
Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan.
Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga, Jakarta.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Priansa, D. J. (2017). Perilaku konsumen dalam persaingan bisnis kontemporer.
Rizal, A. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0. Deepublish.
Mustofa. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank Muamalat Tbk. Kantor kas Gorotalo). Jurnal Ekonomi Islam, 12.
Nurlia, & Barru, G. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent Nurlia. In Meraja Journal (Vol. 1, Issue 2).
Riananda, L. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Kantor Kantor Kas Pembantu Ponorogo.
Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank.
Yuliana, Mnur, E., Juanda, R., & Wahyuni Yusni, S. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Dan Keunggulan Produk Terhadap Kesetiaan Nasabah Pada PT.Bank Syariah Mandiri. In JMI (Vol. 9, Issue 2). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JInoMan
Sugiyono. 2016. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.