@article{pgsdunars, author = {Siti Masruroh and Dassucik Dassucik and Lusi Endang Sri Darmawati}, title = { PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KESETIAAN NASABAH PADA BANK BPR SYARIAH CABANG ASEMBAGUS TAHUN 2023}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {kualitas pelayanan sendiri memiliki arti memberi kesempurnaan dalam pelayanan yang dilakukan oleh penyedia layanan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta ketepatan untuk mengimbangi harapan pelanggan. Tujuan penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kesetiaan nasabah Pada Bank BPR Syariah Cabang Asembagus. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X (kualitas pelayanan) terhadap Y (kesetiaan nasabah). Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan menggunakan random sampling, sampel yang di ambil hanya 100 orang dari nasabah Bank BPR Syariah Cabang Asembagus. Besarnya nilai R square adalah sebesar 0,436, hal ini menunjukkan bahwa sumbangan pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap Kesetiaan Nasabah (Y) adalah sebesar 43,6% sementara sisanya 56,4% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Pengaruh Kualitas Pelayanan (X) terhadap Kesetiaan Nasabah (Y) dengan maka diperoleh nilai signifikan kualitas pelayanan (X) = 0,000 dan kesetiaan nasabah = 0,000. Hasil ini memberikan kesimpulan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kesetiaan nasabah (Y) 0,369. Maka pengaruh total yang diberikan kualitas pelayanan (X) terhadap kesetiaan nasabah (Y) adalah pengaruh langsung ditambah dengan pengaruh tidak langsung, yaitu: 0,167 + 0,369 = 0,536. Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,167 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,369 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung kualitas pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan nasabah (Y). Berdasarkan perhitungan uji analisis dapat diketahui bahwa nilai thitung 4,6625. Nilai α = 5% dari 98 responden dan diperoleh ttabel 1,66005 karena thitung 4,6625 > dari ttabel 1,66005 maka kesetiaan nasabah dapat memediasi hubungan}, issn = {2656-4459}, pages = {384--398}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.4054}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4054} }