MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI SMP IT FATWAH
Abstract
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kendit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan model Penelitian Tindakan Kelas yaitu dengan Skema Model Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 2 Kendit. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara tidak terstrukur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan diatas, pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu dengan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Self Confidence peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar hal ini ditunjukkan pada Siklus 1 sebesar 52% dengan kategori Rendah dan 71% dengan kategori Tinggi atau meningkat sebesar 19%.
References
Cipta
Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. (2013). Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan
Orang Tua Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi
Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39. https://doi.org/10.21009/jpeb.001.1.3
Martinis Yamin, Paradigma Baru Pembelajaran, (Jakarta: Gaung Persada, 2011), 322. Moh. Haitami Salim, S. K. ; (2016). Studi Ilmu pendidikan Islam / Moh. Haitami Salim, Syamsul Kurniawan ; Editot: Rose Kusumaning Ratri (R. K. Ratri (ed.); Cet. 6). AR- Ruzz Media. Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Memperngaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar / Nana Sudjana. Remaja
Rosdakarya. (Sudjana, 201Sudjana, N. (2013). DASAR-DASAR PROSES BELAJAR MENGAJAR (cet. 13). :
Sinar Baru Algesindo.3)
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (Penelitian). Alfabeta. 351 | JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.14 NO.2 DESEMBER 2023
Wahyu Adji, dkk. (2007). Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Erlangga.Ambarsari, I., & Hasanah, N. (2022). Peran Pembelajaran Pemodelan Matematika di Sekolah. 10(3), 1110–1120. Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., &
Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative
project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school
students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1839/1/012031
Hasanah, N., Surur, M., Seituni, S., & Mukholid, A. (2023). The influence of lesson study for
learning community based learning on students ’ creative thinking ability The Influence
of Lesson Study for Learning Community Based Learning on Students ’ Creative
Thinking Ability. 050025(January). Pendidikan, J., Hasanah, N., & Ambarsari, I. F. (2022). Pengaruh Metode Kuis Menggunakan
Aplikasi Quizizz dan Ice Braking Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel. 10(3), 1133–1142. Puspitasari, Y., & Hasanah, N. (2019). NASIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS X MANURUL FATA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. 6(1), 34–43