@article{pgsdunars, author = {Fahrul Ikhsan and Ahmad Hafas Rasyidi and Dassucik Dassucik and Nur Hasanah}, title = { MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS DI SMP IT FATWAH}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kendit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self Confidence peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang dengan model Penelitian Tindakan Kelas yaitu dengan Skema Model Hopkins. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 2 Kendit. Tindakan yang dilakukan yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara tidak terstrukur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan diatas, pembelajaran mata pelajaran IPS Terpadu dengan penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Self Confidence peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar hal ini ditunjukkan pada Siklus 1 sebesar 52% dengan kategori Rendah dan 71% dengan kategori Tinggi atau meningkat sebesar 19%.}, issn = {2656-4459}, pages = {341--352}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.4047}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4047} }