PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR

  • Bobi Hidayat Universitas Muhammadiyah Metro
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4025

Abstrak

Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan bagaimana rangkaian kegiatan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar (SD). Fokus kajianya mengarah pada konsep Pendidikan IPS sekolah dasar yang berasal dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan langkah pengumpulan data secara historis yaitu pengumpumpulan  dan menemukan sumber (heuristik), penelitian sumber (kritik sumber), menafsirkan dan pemberian makna sumber (interpretasi), dan penulisan hasil (heuristik) Hasil kajian bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS mengadopsi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang memerdekaan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi juga sesuai dengan perkembangan kurikulum saat ini yaitu kurikulum Merdeka. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi diawali dari melaksanakan asesmen terhadap karakteristik peserta didik untuk mendapatkan gambaran perserta didik yang akan dijadikan dasar dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS. Hasil keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS dapat diketahui setelah dilakukan evaluasi dan refleksi.

Referensi

Bayumi dkk. 2021. Penerapan Model Pembelejaran berdiferensiasi. Yogyakarta. Depublish
Dinar Westri Andini, “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2, Nomor 3, Mei 2016, hlm. 340-349
Elizabeth B. Hurlok. Terjemahan. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan: Erlangga
Huriah Rachmah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung. Alfabeta
Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang. Buku Ajar
Mariati Purba dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Jakarta. Kemdikbud Ristek
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogjakarta. Nuha Litera
M. Numan Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Nina Herlina.2020. Metode Sejarah (Edisi Revisi). Bandung. Satya Historika
Sapriya. 2017. Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Wahyudin Nur Nasution.2016. Strategi Pembelajaran. Medan. Perdana Publising
Diterbitkan
2023-12-29
##submission.howToCite##
HIDAYAT, Bobi. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 267-278, des. 2023. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4025>. Tanggal Akses: 13 apr. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4025.
Bagian
Articles