@article{pgsdunars, author = {Bobi Hidayat}, title = { PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PENDIDIKAN IPS DI SEKOLAH DASAR}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan bagaimana rangkaian kegiatan pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar (SD). Fokus kajianya mengarah pada konsep Pendidikan IPS sekolah dasar yang berasal dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan langkah pengumpulan data secara historis yaitu pengumpumpulan dan menemukan sumber (heuristik), penelitian sumber (kritik sumber), menafsirkan dan pemberian makna sumber (interpretasi), dan penulisan hasil (heuristik) Hasil kajian bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS mengadopsi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang memerdekaan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi juga sesuai dengan perkembangan kurikulum saat ini yaitu kurikulum Merdeka. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi diawali dari melaksanakan asesmen terhadap karakteristik peserta didik untuk mendapatkan gambaran perserta didik yang akan dijadikan dasar dalam menyusun strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS. Hasil keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran IPS dapat diketahui setelah dilakukan evaluasi dan refleksi.}, issn = {2656-4459}, pages = {267--278}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.4025}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4025} }