PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN 1 BESUKI 2 KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023

  • Dodik Eko Yulianto Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Veni Ferawati Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media video dengan media gambar mata pelajaran IPAS materi kenampakan alam kelas IVA dan Kelas IVB SDN 1 Besuki sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas eksperimen yang menggunakan media video dan 32 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,uji hipotesis. Hasil analalisi data uji normalitas dari kelas eksperimen rata-rata 83,3, standar deviasi 15,13, Lhitung 0,134 dan Ltabel 0,173 maka berdistribusi normal, sedangkan hasil uji normlitas di kelas kontrol rata-rata 60,8, standar devisi 11,67, Lhitung 0,123 Ltabel 0,190 maka berdistribusi normal. Hasil dar uji homogenitas di kelas A SDN 1 Besuki  dan Kelas BSDN 1 Besuki adalah Mean untuk kelas eksperimen 83,3 dan kontrol 60,8, standar deviasi kelas eksperimen 15,1 dan kontrol 11,7 Varians di kelas eksperimen 229,06 dan kelas kontrol 136,23, Fhitung 1,68 dan Ftabel 1,97 disimpulkan bahwa Ftabel>Fhitung maka Homogen. Perolehan untuk uji hipotesis (Uji T) yaitu Thitung 6,22 dan Ttabel 1,97 maka Ho ditolak Ha diterima karena Thitung>Ttabel yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media video dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar.

References

Arifin, Khoirul. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Memahami Jenis Pekerjaan dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 2 Battal. Skripsi

Asra, dkk. 2010. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Diktorat jendral pendidikan tinggi kementrian nasional.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Kusnandi. 2015. Hubungan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 2 Gunung Malang. Skripsi
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2007. Pendidikan anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sadiman, Arief, dkk. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Apabeta
Taneo, Silvester Petrus,dkk. 2010. Kajian IPS SD 3 SKS. Diktorat jendral pendidikan tinggi kementrian nasional.
Hasanah, Nurul. 2015. Perbedaan Penggunaan Media Audio Visual dengan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN 1 Mimbaan Situbondo Tahun jaran 2015/2016. Skripsi.
Hasanah, Ulfatul. 2015. Hubungan Penggunaan Media Audio Visual Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2
Published
2023-12-29
How to Cite
EKO YULIANTO, Dodik; FERAWATI, Veni. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN 1 BESUKI 2 KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 258-266, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4023>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4023.