@article{pgsdunars, author = {Dodik Eko Yulianto and Veni Ferawati}, title = { PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN 1 BESUKI 2 KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media video dengan media gambar mata pelajaran IPAS materi kenampakan alam kelas IVA dan Kelas IVB SDN 1 Besuki sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas eksperimen yang menggunakan media video dan 32 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,uji hipotesis. Hasil analalisi data uji normalitas dari kelas eksperimen rata-rata 83,3, standar deviasi 15,13, Lhitung 0,134 dan Ltabel 0,173 maka berdistribusi normal, sedangkan hasil uji normlitas di kelas kontrol rata-rata 60,8, standar devisi 11,67, Lhitung 0,123 Ltabel 0,190 maka berdistribusi normal. Hasil dar uji homogenitas di kelas A SDN 1 Besuki dan Kelas BSDN 1 Besuki adalah Mean untuk kelas eksperimen 83,3 dan kontrol 60,8, standar deviasi kelas eksperimen 15,1 dan kontrol 11,7 Varians di kelas eksperimen 229,06 dan kelas kontrol 136,23, Fhitung 1,68 dan Ftabel 1,97 disimpulkan bahwa Ftabel>Fhitung maka Homogen. Perolehan untuk uji hipotesis (Uji T) yaitu Thitung 6,22 dan Ttabel 1,97 maka Ho ditolak Ha diterima karena Thitung>Ttabel yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media video dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar.}, issn = {2656-4459}, pages = {258--266}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.4023}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4023} }