PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 PATOKAN PADA MATERI POKOK DAUR AIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nurhafit Kurniawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Karunia Muda Setya Utama Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Pair Chek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah Penerapan Metode Pembelajaran Pair Chek siswa kelas V SDN 9 Patokan Pada Materi Pokok Daur Air Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian ini menggunakan adaptasi model Hopkins, yaitu model skema yang menggunakan prosedur yang dipandang sebagai suatu siklus spiral. Siklus ini terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang diikuti siklus spiral berikutnya penelitian ini menggunakan suatu siklus yang mencakup empat tahap tersebut.  Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 Patokan yang merupakan kelas dengan tingkat kemampuan yang heterogen.  Hasil Penelitian didapat bahwa pada observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 62,96%, dan pertemuan II mencapai 66,67%. Pertemuan III mencapai rata-rata 75,93% dan Pertemuan IV mencapai rata-rata 85,19%. Maka untuk aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik. Sedangkan untuk Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 78% dan pada siklus II ini sudah mencapai standar ketuntasan klasikal 89% sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan pada siklus II ini berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal syang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 85%. Kesimpulannya bahwa Penerapan metode Pembelajaran

References

Arikunto. 201. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Bumi Aksara
Aqip. 2011. Penelitian Tindakan kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama Widya
Dimyati, Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Hobri, 2007. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru dan Praktisi. Jember. Pena Salsabila.
Hobri, 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember. Center for society studies(CCS)
Husnaini, uus. 2011. Hakikat Hasil Belajar. http:// rumahuus.blogspot.com/2013 /03/hakikat-hasil-belajar.html.diakses 25 Februari 2023
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Karso, dkk. 2003. Pendidikan Matematika. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Khoerul.Eko. 2012. Konsep Aktivitas Belajar siswa. http://ekokhoerulwordpress. com/2012/06/27/konsep-aktivitas-belajarsiswa/diakses tanggal 22 Februari 2023
Lie, Anita. 2002. ”Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta : PT. Gramedia
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakary
Sudjana. Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pusaka.
Published
2023-12-28
How to Cite
ROFEK, Aenor; KURNIAWAN, Nurhafit; UTAMA, Karunia Muda Setya. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 PATOKAN PADA MATERI POKOK DAUR AIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 161-170, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3949>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3949.