@article{pgsdunars, author = {Aenor Rofek and Nurhafit Kurniawan and Karunia Utama}, title = { PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAIR CHEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 PATOKAN PADA MATERI POKOK DAUR AIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Pair Chek dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah Penerapan Metode Pembelajaran Pair Chek siswa kelas V SDN 9 Patokan Pada Materi Pokok Daur Air Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Penelitian ini menggunakan adaptasi model Hopkins, yaitu model skema yang menggunakan prosedur yang dipandang sebagai suatu siklus spiral. Siklus ini terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang diikuti siklus spiral berikutnya penelitian ini menggunakan suatu siklus yang mencakup empat tahap tersebut. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 Patokan yang merupakan kelas dengan tingkat kemampuan yang heterogen. Hasil Penelitian didapat bahwa pada observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I mencapai rata-rata 62,96%, dan pertemuan II mencapai 66,67%. Pertemuan III mencapai rata-rata 75,93% dan Pertemuan IV mencapai rata-rata 85,19%. Maka untuk aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik. Sedangkan untuk Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 78% dan pada siklus II ini sudah mencapai standar ketuntasan klasikal 89% sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan pada siklus II ini berhasil karena telah mencapai ketuntasan klasikal syang diterapkan pihak sekolah yakni mencapai 85%. Kesimpulannya bahwa Penerapan metode Pembelajaran}, issn = {2656-4459}, pages = {161--170}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3949}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3949} }