PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO

  • Nisma Unti Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yurni Rahman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Hendra Saputra Adiko Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV di SDN 2 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV SDN 2 Asparaga Kabupaten Gorontalo dalam indikator disiplin kerapihan yaitu guru bertindak sebagai model atau teladan serta memberikan sanksi yang membuat siswa jera dalam melanggar displin kerapihan. Selanjutnya peran guru dalam meningkatkan disiplin kerajinan yaitu dengan bertindak sebagai administrator dan motivator serta memberikan sanksi yang membuat siswa jera dalam melanggar displin kerajinan. Untuk peran guru dalam meningkatkan kebersihan lingkungan yaitu dengan bertindak sebagai penasehat dan model atau teladan dimana seorang guru memberikan nasehat kepada siswa untuk tetap disiplin dalam kebersihan lingkungan serta guru juga terlibat langsung jika ada kerja bakti. Dengan demikian siswa juga akan termotivasi untuk melaksankan kerja bakti. Kemudian peran guru untuk meningkatkan disiplin pengaturan waktu belajar yaitu dengan bertindak sebagai pengajar diamana sebagai seorang pengajar guru harus mampu melaksanakan pembelajaran dan membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dengan baik dan tepat. Dan yang terakhir peran guru dalam meningkatkan disiplin kelakuan yaitu dengan bertindak sebagai pembimbing diamana guru berusaha membimbing atau mengarahkan siswa untuk berkelakuan baik.

References

Arifin Muhammad. 2017. Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi. Jurnal Edutech, Vol. 3 No. 1
Fiana dkk. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, Vol 2, No.23,
Hanafi Nanang dan Suhana Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Hoirur Rokayyah. 2022. Peran Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.diakses pada tanggal 2 Januari 2022
Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Vol.10 No 1. Diakses pada tanggal 2 Januari 2022
Muhaimin. 2005. Pengetahuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP
Rahman Yurni. 2018. Pengaruh Disiplin kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pariwisita Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi.diakses pada tanggal 10 Januari 2022
Soetjipto & Kosasi, R. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D Bandung: Alfabeta
Syafruddin Nurdin, Adriantoni. 2019. Profesi Keguruan, Depok: Rajawali Press
Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Uzer Usman. 2015. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Yurni Rahman. 2018. Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi.
Published
2023-12-29
How to Cite
UNTI, Nisma; RAHMAN, Yurni; ADIKO, Hendra Saputra. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 136-143, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3931>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3931.