@article{pgsdunars, author = {Nisma Unti and Yurni Rahman and Hendra Adiko}, title = { PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV di SDN 2 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IV SDN 2 Asparaga Kabupaten Gorontalo dalam indikator disiplin kerapihan yaitu guru bertindak sebagai model atau teladan serta memberikan sanksi yang membuat siswa jera dalam melanggar displin kerapihan. Selanjutnya peran guru dalam meningkatkan disiplin kerajinan yaitu dengan bertindak sebagai administrator dan motivator serta memberikan sanksi yang membuat siswa jera dalam melanggar displin kerajinan. Untuk peran guru dalam meningkatkan kebersihan lingkungan yaitu dengan bertindak sebagai penasehat dan model atau teladan dimana seorang guru memberikan nasehat kepada siswa untuk tetap disiplin dalam kebersihan lingkungan serta guru juga terlibat langsung jika ada kerja bakti. Dengan demikian siswa juga akan termotivasi untuk melaksankan kerja bakti. Kemudian peran guru untuk meningkatkan disiplin pengaturan waktu belajar yaitu dengan bertindak sebagai pengajar diamana sebagai seorang pengajar guru harus mampu melaksanakan pembelajaran dan membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa dengan baik dan tepat. Dan yang terakhir peran guru dalam meningkatkan disiplin kelakuan yaitu dengan bertindak sebagai pembimbing diamana guru berusaha membimbing atau mengarahkan siswa untuk berkelakuan baik.}, issn = {2656-4459}, pages = {136--143}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3931}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3931} }