PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP UP PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Media buku pop-up merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPS pada materi sejarah kerajaan Hindu-Budha yang ada di kelas V SD. Materi sejarah dianggap sangat membosankan, karena kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, selain itu untuk kegiatan penilaian siswa hanya diminta mengerjakan LKS siswa saja. Media buku pop-up adalah lembaran buku yang dijilid yang terdapat tulisan dan objek gambar yang seolah-olah muncul dari dalam buku yang memiliki unsur 3 dimensi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia supaya dapat mempermudah siswa kelas V untuk mendapatkan pemahaman kongkret terkait dengan sejarah kerajaan Hindu-Budha. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan R & D (Research and Development). Hasil validasi produk ini yang terdiri dari ahli materi sejarah dan ahli media pembelajaran memberikan nilai postif, yaitu 95% untuk penilaian materi, dan 90% untuk kelayakan media. Prosebtase uji coba dalam uji coba kelompok yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan media yaitu rata-rata nilai 50 sebelum media di berikan, dan rata-rata siswa mendapat nilai 80 setelah diterapkan media buku pop-up materi sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media buku pop-up pembelajaran IPS materi sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah.
References
D. S. Prawiradilaga, Prinsip, Prinsip Desain Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group. 2009
Hanifa, Tisna Umi, 2014. Pemanfaatan Media Pop-up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Ver-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Tumanggung). Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2): 48.
Pramesti, Jatu. 2015. Pengembangan Media Pop-up Book Tema Peristiwa untuk Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar Edisi 16:5
N. Waryanto, Storyboard dalam media pembelajaran Interaktif, Jakarta: Gramedia Indonesia. 2005