PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI

  • Gustin Sheillamita Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ahmad Syachroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Pola asuh orang tua memegang peranan penting dalam perkembangan peserta didik, khususnya pada jenjang sekolah dasar negeri. Salah satu aspek yang sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua tersebut adalah kedisiplinan belajar anak. Disiplin belajar adalah kemampuan mengatur diri, mengikuti aturan dan berkomitmen menyelesaikan tugas akademik dengan baik. Pentingnya disiplin belajar tidak hanya berdampak pada prestasi akademik anak saja, tetapi juga membentuk karakter dan pola perilaku yang akan membantu mereka dimasa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi pustaka, yaitu pendekatan yang berfokus pada analisis dokumen atau bahan tertulis sebagai sumber data utama. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; a) Pola asuh orang tua memiliki peranan yang signifikan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua khususnya demokratis, otoriter hingga permisif dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan belajar peserta didik. b) Budaya sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik. lingkungan sekolah yang mendukung dan mendorong kedisiplinan belajar dapat berkontribusi terhadap tingkat kedisiplinan peserta didik. c) Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis cenderung memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar peserta didik, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif mempunyai dampak yang berbeda

References

Alsheikh, N., Parameswaran, G., & Elhoweris, H. (2010). Parenting style, self-esteem and student performance in the United Arab Emirates. Current Issues in Education, 13(1), 1–26.
Bungin. M Burhan. 2008. Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta: PT Rajagra Findo Persada.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2021). The Influence Of Parenting Style And School Culture On The Character Of Student Dicipline. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 1(2), 53–64.
Elvira, B., Sukmanasa, E., & Muhajang, T. (2019). Peran Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 87–90.
Gregory, A., Cornell, D., Fan, X., Sheras, P., Shih, T. H., & Huang, F. (2010). Authoritative School Discipline: High School Practices Associated With Lower Bullying and Victimization. Journal of Educational Psychology, 102(2), 483–496. https://doi.org/10.1037/a0018562
Hadi, P. R. (2023). The Effect Of Parenting Style And Peer Association On Student’s Learning Discipline. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(1), 16–29. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.3417
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Hosokawa, R., & Katsura, T. (2019). Role of parenting style in children’s behavioral problems through the transition from preschool to elementary school according to gender in Japan. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(1). https://doi.org/10.3390/ijerph16010021
Lou, S. J., Shih, R. C., Liu, H. T., Guo, Y. C., & Tseng, K. H. (2010). The influences of the sixth graders’ parents’ internet literacy and parenting style on internet parenting. Turkish Online Journal of Educational Technology, 9(4), 173–184.
Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar di Masa New Normal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 393. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37184
Patilima. Hamid. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, S. P., & Muhajang, T. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 174–177. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3621
Rositania, L. W., Ardianti, S. D., & Khamdun. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Di Desa Trangkil Rw 02. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–42. https://ejournal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik
Sari, N. P., & Renggani. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Teman SEbaya terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas III SD. Joyful Learning Journal, 7(4), 64.
Setiawati, E. (2015). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education, 4(1), 62. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
SIPAYUNG, R. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Kelas V Di Sd Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2), 5. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/83/80
Yana, K. F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(1), 1–4. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i1.549
Published
2023-12-25
How to Cite
SHEILLAMITA, Gustin; SYACHROJI, Ahmad; ROKMANAH, Siti. PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 66-78, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3906>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3906.