@article{pgsdunars, author = {Gustin Sheillamita and Ahmad Syachroji and Siti Rokmanah}, title = { PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI}, journal = {Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS}, volume = {14}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = {Pola asuh orang tua memegang peranan penting dalam perkembangan peserta didik, khususnya pada jenjang sekolah dasar negeri. Salah satu aspek yang sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua tersebut adalah kedisiplinan belajar anak. Disiplin belajar adalah kemampuan mengatur diri, mengikuti aturan dan berkomitmen menyelesaikan tugas akademik dengan baik. Pentingnya disiplin belajar tidak hanya berdampak pada prestasi akademik anak saja, tetapi juga membentuk karakter dan pola perilaku yang akan membantu mereka dimasa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi pustaka, yaitu pendekatan yang berfokus pada analisis dokumen atau bahan tertulis sebagai sumber data utama. Hasil penelitian yang diperoleh adalah; a) Pola asuh orang tua memiliki peranan yang signifikan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua khususnya demokratis, otoriter hingga permisif dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan belajar peserta didik. b) Budaya sekolah berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik. lingkungan sekolah yang mendukung dan mendorong kedisiplinan belajar dapat berkontribusi terhadap tingkat kedisiplinan peserta didik. c) Penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis cenderung memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar peserta didik, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif mempunyai dampak yang berbeda}, issn = {2656-4459}, pages = {66--78}, doi = {10.36841/pgsdunars.v14i2.3906}, url = {https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3906} }