FAKTOR DAN PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Nur Adilah Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syachruroji Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi beberapa permasalahan dalam pembelajaran yang dialami oleh siswa dan guru, artikel ini dapat memberi kemudahan untuk mengenal berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran di sekolah dasar, guru dan siswa tentunya ingin memperoleh hasil belajar yang sebaik-baiknya. Namun untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut pastinya selalu terdapat kendala atau masalah yang menghalangi dalam pencapaian tujuan tersebut. Masalah pembelajaran adalah berbagai permasalahan yang dapat menggangu, mempersulit, menghambat atau bahkan mengakibatkan kegagalan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersebut bisa terjadi bukan hanya dari siswanya saja, tetapi bisa saja dari faktor guru atau bahkan dari kurikulum pendidikan itu tersendiri. Untuk dapat lebih meningkatkan keberhasilan dalam proses pembelajaran dapat dilakukan melalui beberapa upaya perbaikan dalam proses pembelajaran tersebut. Di dalam proses perbaikan, peranan guru sangatlah penting karena guru adalah selaku pengelola kegiatan belajar mengajar di kelas.

References

Prof.Dr.Aunurraahman.2013.Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alv abeta CV
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93-101.
DEPDIKNAS. (2008). Undang-undang RI.No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Jakarta: Sinar Grafika
Dr.H.Sholeh Muhammad.2021.Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Kenc ana
Syafni, E., Syukur, Y., & Ibrahim, I. (2013). Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Konselor, 2(2).
Angranti, W. (2016). Problematika kesulitan belajar siswa. Gerbang Etam, 10(1), 28-37.
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A. K. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Ratnawati, S. (2017). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2).
Prayitno & Amti Erman. (2001). Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Untari, E (2013). Diagnosis kesulitan belajar pokok bahasan pecahan pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(1), 1-8.
Rozak, A., Fathurrochman, I ., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis pelaksanaan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 10-20.
Cipta, R. R. P., & Prabawati, M. N. (2019, November). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Berkaitan dengan Soal-Soal Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. 2019.
Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.
Published
2023-12-24
How to Cite
SARI, Nur Adilah; ROKMANAH, Siti; SYACHRUROJI, Syachruroji. FAKTOR DAN PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 34-45, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3903>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3903.